Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Pesisir Bagi Guru Sekolah Dasar di Pulau Karimunjawa Kabupaten Jepara

Main Article Content

Zaenuri Zaenuri
Subhan Subhan
Agestia Putri Nusantari

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi pengembangan perangkat
pembelajaran berbasis budaya pesisir bagi guru-guru Sekolah Dasar di Pulau Karimunjawa Kabupaten Jepara.
Perangkat pembelajaran yang dikenalkan menjadi acuan bagi implementasi Kurikulum Merdeka dalam rangka
menyusun silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), bahan ajar/LKS/LKPD, media pembelajaran, dan
evaluasi, sesuai karakteristik sekolah. Kegiatan ini berupa workshop pengembangan perangkat pembelajaran
berbasis budaya pesisir, dan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru-guru yang mengajar di Sekolah
Dasar Pulau Karimunjawa. Khalayak sasaran adalah guru yang mengajar di Pulau Karimunjawa. Pada akhir
kegiatan, semua peserta siap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di instansi masing-masing.

Article Details

How to Cite
Zaenuri, Z., Subhan, S., & Nusantari, A. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Pesisir Bagi Guru Sekolah Dasar di Pulau Karimunjawa Kabupaten Jepara. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 620-626. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/67215
Section
Articles

References

Bishop, A.J. 1994. Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. For the
Learning Mathematics, 14(2)
Knijnik, G. 1994. Ethno-Mathematical Approach in Mathematical Education: a Matter of Political Power.
For the Learning Mathematics. Vol 14 No.1
M A Kleden et al 2018 J. Phys.: Conf. Ser. 1108 012013 DOI 10.1088/1742-6596/1108/1/012013
Masingila, J.O. dan King, J. 1997. Using Etnomathematics as a Classroom Tool. Multicultural and Gender
Equity in the Mathematics Classroom. San Diego: General Year Book Editor.
Payne, M. (1995). The Social Work Role in Community Care. In: Campling, J. (eds) Social Work and
Community Care. Palgrave, London. https://doi.org/10.1007/978-1-349-24013-5_1
Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal
Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72. doi:https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
Samo, D. D., Darhim, D., & Kartasasmita, B. (2017). Culture-based contextual learning to increase
problem-solving ability of first year university student. Journal on Mathematics Education, 9(1).
https://doi.org/10.22342/jme.9.1.4125.81-94
Zaenuri Mastur. 1997. Penggunaan Strategi “Matematika-Lingkungan” dalam Pembelajaran Matematika
di Sekolah Dasar Daerah Terpencil (Kasus di Kepulauan Karimunjawa). Laporan Penelitian. Jakarta:
Basic Science Ditjen Dikti Depdikbud.
Zaenuri, N Dwidayati, & S Subhan. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERNUANSA BUDAYA
LOKAL BAGI GURU SMPN 1 KARIMUNJAWA KABUPATEN JEPARA . Seminar Nasional Pengabdian Kepada
Masyarakat (SEPAKAT), 2(1). Retrieved from https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/528
Zaenuri, Suyitno, H., Rokhman, F., & Suyitno, A. (2017). Developing of Supplementary Books of
Mathematics Teaching-Learning Process Based-on Coastal Culture for JHS Students. International
Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 421-430. https://doi.org/10.29333/iejme/622