Abstract

Keterampilan menulis artikel ilmiah bagi guru adalah bagian dari pengembangan akademik yang fungsional untuk menunjang penguatan dan pengembangan kompetesi guru. Berbagai level guru, baik pada tingkat dasar maupun menengah, diharapkan dapat memiliki ketrampilan dalam menulis artikel ilmiah, sehingga senantiasa dapat mengembangkan kegiatan akademik yang berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran siswa. Guru di Lombok Timur belum banyak yang memiliki kemampuan dan keterampilan menulis ilmiah dengan baik.


Dari kondisi tersebut, kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut bertujuan ikut serta membantu memecahkan masalah yang terjadi diantaranya adalah, memotivasi dan memberikan kesadaran kepada guru-guru SMA NW Pancor, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat terhadap pentingnya menulis artikel ilmiah untuk profesionalitas dan jenjang karir mereka. melatih dan mendampingi guru-guru SMA dan sederajat agar dapat menemukan masalah, menuangkan gagasan, dan menulis artikel dengan baik, benar, dan sesuai dengan kaidah selingkung jurnal ilmiah. memfasilitasi guru-guru SMA NW Pancor, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat agar dapat membangun jejaring dengan jurnal-jurnal ilmiah, baik nasional maupun internasional.


Metode atau tahapan yang akan digunakan untuk memecahkan permasalahan mitra adalah sebgai berikut, Sosialisasi kepada guru-guru SMA tentang pentingnya menulis artikel ilmiah, Pemberian Materi tentang Tata Cara Menulis artikel ilmiah, Pemberian Materi tentang Kiat dan Strategi Menembus Jurnal Ilmiah, Pelatihan, Pendampingan, dan simulasi menulis artikel ilmiah.


Guru-guru SMA NW Pancor, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat mengikuti jalannya acara dengan sangat antusias.  Antusiasme peserta terlihat dari ketekunan mereka mengikuti materi dari awal hingga akhir dari pelaksanaan pengabdian. Buah dari antusiasme dan ketekunan dalam mengikuti jalannya acara tersebut menghasilkan sebuah pemahaam terkait cara menuis artikel yang baik dan mengetahui cara mempublikasikaanya.