PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN (PAIKEM) BERBANTU MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011/2012

  • Daudi Sidiq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar dan aktivitas peserta  didik  dengan  penerapan model  PAIKEM  berbantu  media  visual  dikelas  X    gambar bangunan semester 2 SMK Negeri 4 Semarang pada materi pokok macam-macam pintu dan jendela. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta  didik kelas X gambar bangunan SMK N 4 Semarang. Penunjukan kelas dengan perlakuan yang berbeda yaitu kelas X Gb 3 sebagai kelas  eksperimen  1  yang  diterapkan  model  PAIKEM  dengan  media  visual,  kelas  X  Gb  1 sebagai  kelas  eksperimen  2  yang  diterapkan  model  konvensional  dengan  media  visual,  dan kelas  X  Gb  2  sebagai  kelas  kontrol  yang  diterapkan  model  konvensional.  Metode pengumpulan  data  menggunakan  teknik  dokumentasi,  observasi  dan  tes.Variabel  dalam penelitian ini adalah nilai hasil belajar. Rata-rata nilai hasil belajar kelas  eksperimen 1, kelas eksperimen  2  dan  kelas  control  berturut-turut  adalah  80,67;  77,42  dan    64,17.  Setelah dilakukan  perhitungan  uji  diperoleh  bahwa  kelas  eksperimen  1  dan  kelas  eksperimen  2 mencapai  ketuntasan  belajar.  Selanjutnya  hasil  analisis  menunjukan  bahwa  rata-rata  nilai

 

This study aims to determine the presence or absence of differences in learning out comes and activities of the students with the implementation of  PAIKEM assisted visual media of drawings building 10th year 2nd semester of SMK 4 Negeri Semarang on the subject matter kinds of doors and windows. The population in this study is a class 10th student drawings of buildings SMK N 4 Semarang. By choosing some classes which are given different treatment, they are10th Gb3 as an experimental1 using PAIKEM with visual media;10th Gb 1as an experimental 2 using the conventional method with visual media; and 10th Gb2 as a control class using the conventional method. Methods of data collection using documentation, observation and tests. The variables in this study is the result of learning. The average value of classroom learning out comes of experiments 1, 2 experimental classes and control classes in a row is80,67; 77,42 and 64,17. After the calculationofthettest,foundthattheexperimentalclass1andexperimentsclass2achieve exhaustiveness learning. Further analysis showed that the average experimental value of classroomlearningoutcomesarehigherthanthecontrolclass.Basedonthedescriptionit

References

Anni, Catharina Tri dkk. 2006.Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metode Statiska. Bandung: Tarsito.

Sugandi, Ahmad dkk. 2004. Teori Pembelajaran.

Semarang: UPT UNNES Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Depdiknas.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta : Depdiknas

Depdiknas.2004. Alternative Stratregi Pembelajaran.

Jakarta : Depdiknas

Morgan, Clifford T.(1986). Introduction To

Psychology. New York : McGraw-Hill Book

Co.

Roestiyah NK. 1986. Masalah Masalah Ilmu

Keolahragaan. Jakarta : Bina

Aksara wibawa Basuki. (2004) Aplikasi Teknologi Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran.

Surbarkah, Imam.1988. Konstruksi Bangunan Gedung. Bandung:Idea Dharma.

Hamalik, Oemar.2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Suyitno, Amin. 2004. Dasar dasar dan Proses

Pembelajaran Matematika I. Semarang : UNNES.

Wijayanti, 2002. Pembelajaran Kooperatif tipe STAD ( Student Team Achievement Division).

Jakarta : Balai Pustaka.

Nurhadi, 2004. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Gramedia Widiasarana.

Arikunto, Suharsimi.1999. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 1996. Metode Statiska. Bandung: Tarsito.

Published
2012-08-01
Section
Articles