PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENERAPKAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Tugas guru yang paling utama adalah mengajar, dalam pengertian menata lingkungan agar terjadi kegiatan belajar pada peserta didik. Konsekuensi dari semua upaya tersebut, guru merupakan kunci sekaligus ujung tombak pencapaian misi pembaharuan pendidikan, mereka berada dititik sentral untuk mengatur, mengarahkan dan menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang untuk mencapai tujuan dan misi pendidikan nasional yang dimaksud. Metode pembelajaran Quantum Teaching memiliki suatu kerangka yang afektif dan lebih menarik perhatian siswa yang dikenal dengan kerangka belajar TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan). Dalam masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut bagaimana metode Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menerapkan ilmu statika dan tegangan kelas X TGB-2 SMK N 3 Semarang?. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TGB-2 dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dengan metode pengumpulan data menggunakan metode test, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 66% siswa yang mendapatkan nilai ≥74 dari siklus I yang sebesar 34% atau sekitar 11 siswa yang mendapatkan nilai ≥74 dari 32 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa di siklus II seluruh siswa memperoleh nilai ≥74. Aktivitas siswa dalam pembelajaran hal ini bisa dilihat dari hasil siklus I yang berada kategori cukup sebesar 2,28 dan pada siklus II menjadi 3 berada pada kategori baik. sehingga menggunaan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menerapkan ilmu statika dan tegangan pada siswa kelas X TGB-2. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) Guru hendaknya menggunakan metode Quantum Teaching sebagai salah satu alternatif dalam membelajarkan keterampilan menerapkan ilmu statika dan tegangan. Terbukti dengan pembelajaran keterampilan siswa dalam memahami dan mengalami peningkatan. Selain itu metode Quantum Teaching ini juga dapat menumbuhkan minat serta ketertaikan siswa dalam proses pembelajaran ilmu statika dan tegangan. (2) Para peneliti yang sedang melakukan penelitian mengenai keterampilan siswa dalam menerapkan ilmu statika dan tegangan hendaknya termotivasi dalam melengkapi penelitian ini dengan menggunakan metode ataupun media yang lain untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan siswa.
he basic duty of teacher is teaching. It means that set a teaching learning environment to the students. The consequence of that is the teacher is the key and the top of chieving the education renewal. They are the center of arrangement, instruction, and the creation of teaching learning environment to reach to the effect and national education mission that intended. Quantum Teaching Learning Method has a framework which is effective and more conspicuous student which knew as studying framework TANDUR (Take, Accept, Name, Do, Undertake, Raise). In this study, it is formulated bellow; how can the Quantum Teaching Learning Method improve the learning achievement and increases student activity in learning applying statistics and stress to 10 th Grade of Drawing Building Engineering Students of SMK N 3 Semarang? Subject of this study is the students of 10th Grade of Drawing Building Engineering who are 32 students. This study uses Classroom Action Research. The writer uses test, questionnaire, observation, and documentation in collecting the data. Based on the analysis data, it shows that there is an increasing in cycle II. There are 66% students who get score ≥74. Meanwhile, in the cycle I, there are 34% or 11 students who get score ≥74 from 32 students. So, it can be conclude that in the cycle II, all of the students get score ≥74. The students activity in this learning can be seen from the cycle I which is in quite category, 2,28. And in the cycle II increases to 3 which means good category. So, using Quantum Teaching Learning can improve the achievement study and student activity in learning of applying statistics and stress to 10th Grade of Drawing Building Engineering Students of SMK N 3 Semarang. The suggestion in this study are; (1) Teacher should use Quantum Teaching Learning method as one kind of alternative method to teach applying statistics and stress. It is proved that achievement and skill of the students can be improved by using this method. On the other hand, this method also gives interest and anxiety in studying statistics and stress to the students. (2) Researchers who is doing research about student skill in apply statics and stress ought to be motivated deep complete the research by using the other method or media to increase skill and student knowledge.
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,S; Suharjono dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
DePorter,Bobbi; Mark Reardon dan Sarah Singer-Nourie. 2010. Quantum Teaching
Mempraktikan Kuantum lerarning di Ruang-ruang kelas. Bandung: Kaifa
Kunandar. 2011. Langkah Mudah penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kamarwan Sidarta,S. 1984. Statika Bagian Dari Mekanika Teknik. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press)
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/
http://belajar-teknik-sipil.blogspot.com/2010/03/menghitung-momen-gaya-dalam-statika.html
http://ilmufisikatkj.blogspot.com/2011/06/pengertian-momen-inersia.html