PEMANFAATAN METODE PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PESAWAT PENYIPAT DATAR DAN THEODOLITE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN UKUR TANAH SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011/2012

  • Khaerotun Nisa Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Interactive CD Media, Learning Outcomes, Land Surveyor’Education, Leveling Instrument, Theodolite, Students of SMK N 5 Semarang.

Abstract

Selama ini di SMK N 5 Semarang proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode konvensional (ceramah). Dan nilai hasil belajar siswa kurang optimal, untuk mengatasi hal itu diperlukan suatu media pembelajaran yang lebih menarik perhatian dan minat belajar siswa agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Media CD interaktif ini berisi materi, gambar, video dan suara yang dapat menjelaskan isi materi tersebut dapat mempermudah siswa dalam memahami dan mengerti materi yang sedang dijelaskan. Permasalahan yang ingin penulis kaji didalam skripsi ini adalah : “Apakah hasil pembelajaran Pendidikan Ukur Tanah (PUT) dengan media CD Interaktif pembelajaran akan meningkat?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran pekerjaan survei pemetaan setelah dilakukan tindakan kelas dengan menggunakan media CD interaktif. Metode yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Dimana subjek penelitian ini adalah kelas X TGB 2 SMK Negeri 5 Semarang. Hasil penelitian nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 69,00, presentase tuntas belajar sebesar 69,44 % dan keaktifan siswa dalam pembelajaran juga berkategori baik sebesar 2,6 diatas indikator 2,50. Pada Siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,00, dengan presentase tuntas belajar 100 % dan skor keaktifan siswa 2,9 berkategori baik dan sudah diatas 2,50.  Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa melalui pembelajaran dengan menggunakan media CD Ineraktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TGB 2 Smk N 5 Semarang. Media CD Interaktif dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran dikelas agar pembelajaran dapat berjalan lebih menarik dan menyenangkan.

During in SMK N 5 Semarang learning process does still  use the conventional methods (lectures). And the value of student learning outcomes less than optimal, to overcome it is necessary a more interesting learning media attention and  interest in learning so that student can increase student learning outcomes. This interactive CD media contains any content,  images, video and sound which can explain the contents of the subject can facilitate students to understant the subject that is being described. Author would like to review the problems in this thesis is: "does the learning of education land surveyor (PUT) with an Interactive CD media will increase learning?". The goal of this research is to know the increase in  learning outcomes on the subjects of the work of survey mapping  after done a class act by using the  interactive CD media. The methods used in the study using a Action Class Research. Where the subject is the class of TGB 2 X 5 SMK Negeri Semarang. The research result the average value class in the cycle I of 69.00, a percentage of the total study of 69.44% and the liveliness of the students in the study also categoried both by 2.6 above 2.50’s indicator. In cycle II average rating increased to 79.00, with a percentage of the total study 100% score and livelinessof the students either already categorized 2.9 above 2.50. Based on research data and the discussion can be concluded that through learning to use Interactive CD media can improve learning outcomes class X TGB 2 Smk N 5 Semarang. Interactive CD media can be an alternative model of learning so that learning can proceed class more interesting and fun

References

Arikunto,Suharsimi.2009.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Arikunto,Suharsimi.Prof.Dr.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta

Budiyarto, Agus Dwi.2005.Studi Komparasi Hasil Belajar Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah Antara Mahasiswa Yang Diajar Dengan menggunakan Media OHP dan Media Audio Visual program studi Pendidikan Teknik Bangunan UNNES.Skripsi Penelitian Tidak Diterbitkan.Pendidikan Teknik Bangunan, UNNES,Semarang.

Frick, Ir. Heins.(1979). Alat Ukur Tanah dan Penggunaannya. Semarang : Institut Teknologi Katolik

Mulyasa,E.(2009).Praktik Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Tohari.2006.Efektifitas Belajar Mandiri dan Tutorial Siswa Kelas I Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Menggunakan VCD Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Diklat Ilmu Ukur Tanah. Skripsi Penelitian Tidak Diterbitkan. Pendidikan Teknik Bangunan, UNNES,Semarang.

Wahyuningsih, Dwi.2005.Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Pada Proses Pebelajaran pengukuran Polygon dan Pemetaan Situasi Bagi Mahasiswa Pendidikan teknik Bangunan Semester Genapo Tahun 2005 UNNES.Semarang

Widiyanto, Arief Joko .2009.Penggunaan Media CD Interaktif Pengenalan Pesawat Penyipat Datar Siswa SMK Negeri 7 Semarang. Skripsi Penelitian Tidak Diterbitkan.Pendidikan Teknik Bangunan,UNNES,Semarang.

Widyaningsih.2006.Belajar Mandiri Secara Individual Menggunakan VCD Multimedia Interaktif Dengan Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Pada Mahasiswa Program Study D3 Teknik Sipil Tahun Akademik 2005/2006 UNNES Pokok Bahasan Pengenalan Ilmu Ukur Tanah dan Pengukuran Sipat Datar. Skripsi Penelitian Tidak Diterbitkan.Pendidikan Teknik Bangunan,UNNES,Semarang.

Yuniyanto, Eko.2005.Perbedaan Hasil Belajar Materi Pengukuran polygon dan Pemetaan Situasi Antara Mahasiswa Yang Diajar Menggunakan Media Audio Visual Dengan Media Konvensional (OHP) Di Jurusan teknik Sipil UNNES Tahun 2005. Skripsi Penelitian Tidak Diterbitkan.Pendidikan Teknik Bangunan,UNNES,Semarang.

Kurikululm SMK Negeri 5 Semarang.2011

Published
2012-08-01
Section
Articles