IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLOCK SYSTEM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS TEKNIK GAMBAR BANGUNAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN BIDANG KEAHLIAN BANGUNAN SMK NEGERI 2 KENDAL TAHUN AJARAN 2011/2012

  • Prastiyo Prastiyo Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Implementasi Pembelajaran, Block System, Kualitas, Pembelajaran

Abstract

Implementasi Pembelajaran Block System Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Teknik  Gambar  Bangunan  Kelas  XI  Program  Keahlian  Teknik  Gambar  Bangunan  Bidang  Keahlian Bangunan SMK Negeri 2 Kendal Tahun Ajaran 2011/2012 terdapat pokok permasalahan yaitu (1).  Bagaimanakah implementasi pembelajaran block  system di  Program  Keahlian Teknik  Gambar  Bangunan SMK Negeri 2 Kendal. (2). Bagaimanakah kualitas hasil pembelajaran praktik gambar  bangunan  melalui block  system.  (3).  Bagaimanakah kesiapan siswa,  guru  dan sekolah dalam penyusunan program pembelajaran block system yang meliputi penyusunan program semester dan jadwal continous  job.  (4).  Bagaimanakah tingkat efektivitas pelaksanaan pembelajaran block  system di Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Kendal. (5). Apakah faktor-faktor  yang  menjadi penghambat efektivitas pelaksanaan pembelajaranblock  system pada peningkatan kualitas praktik gambar  bangunan  di  Program  KeahlianTeknik  Gambar  Bangunan  SMK Negeri 2 Kendal. Hasil ini  adalah (1). Implementasi pembelajaran block system di Program  KeahlianTeknik  Gambar  Bangunan  SMK  Negeri  2  Kendal  terdiri dari informasi dikategorikan baik dengan posentase  rata-rata  87,5% dan kondisi pelaksanaan block  system dikategorikan pelaksanaanya baik dengan prosentase rata-rata 78,57%. (2). Kualitas hasil pembelajaran Teknik  Gambar Bangunan melalui block system dikategorikan pelaksanaanya baik dengan prosentase rata-rata 70%. (3). Kesiapan siswa dikategorikan  pelaksanaanya baik dengan prosentase rata-rata 75%,  kesiapan  guru  dikategorikan pelaksanaanya baik dengan prosentase  rata-rata  75%,  kesiapan manajemen sekolah dikategorikan pelaksanaanya cukup baik dengan prosentase rata-rata 66,67%.  (4).  Tingkat  efektivitas pelaksanaan pembelajaran block  system di Program  Keahlian Teknik  Gambar  Bangunan SMK N 2 Kendal dikategorikan efektif dengan prosentase rata-rata 73,33%.  (5).  Faktor-faktor penghambat dan cara penyelesaianya dalam pelaksanaan pembelajaran block  system pada peningkatan kualitas praktik di Program Keahlian Teknik Gambar  Bangunan SMK  Negeri  2  Kendal.  (a)  Persediaan computer dan  printer  masih kurang mencukupi cara penyelesaianya yaitu dari pihak sekolah mengusahakan untuk mengajukan anggaran belanja atau setiap siswai uran sendiri untuk membeli  printer.  (b).  Libur sekolah atau kegiatan  lain  yang  terkadang diluar Kaldik cara penyelesaianya yaitu sekolah harus merencanakan sematang mungkin dengan memperhatikan faktor-faktor  yang akan menjadi penghambat jalanyablock system pada praktik TGB. (c). Bahan dan alat kadang terlambat cara penyelesaianya yaitu dari pihak jurusan mempersiapkan bahan dan alat sebagai cadangan untuk berjaga-jaga kalau ada keterlambatan. (d)  Siswa kurang aktif dalam pembimbingan cara penyelesaianya yaitu siswa dipanggil satu per satu  agar aktif dalam pembibingan.

References

Anonim. 1989. Ensiklopedia Nasional Indonesia.

Jakarta : PT. Cipta Adi Pustaka.

_______. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta : Balai Pustaka.

Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem

Pembelajaran.Jakarta : Dian Rakyat.

Depdiknas. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Martinis Yamin. 2008. Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Moleong. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (5). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2008. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (3). Bandung : Alfabeta.Wibowo.M.E dkk. 2012.

Panduan Penulisan KaryaIlmiah. Semarang.: UNNES.

Arikunto. Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto. Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Sutopo. H. B.2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Published
2012-08-01
Section
Articles