PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA TES TERTULIS DENGAN TES LISAN POKOK BAHASAN KONSTRUKSI PONDASI DANGKAL
Abstract
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hasil belajar yang lebih baik antara siswa yang diberi tes tertulis dengan siswa yang diberi tes lisan pada pokok bahasan konstruksi pondasi dangkal pada siswa program keahlian teknik gambar bangunan tingkat X SMK Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Variabel bebas berupa tes tertulis dan tes lisan, dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tingkat X SMK Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 2 kelas (70 siswa). Perbedaan rata-rata nilai hasil belajar pokok bahasan konstruksi pondasi dangkal antara siswa kelas X TGB-1 dan kelas X TGB-2 SMK Negeri 5 Semarang adalah t data = 3,023, Sedangkan t (0.95)(68) = 2,00. Karena t data > t (0.95)(68), itu dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelompok eksperimen I (yang diberi tes tertulis) lebih baik dari pada kelompok eksperimen II (yang diberi tes lisan). Sebaran persentase perbedaan nilai hasil belajar kedua perlakuan tersebut adalah 8,50%. Nilai ini menunjukkan perbedaaannya angat rendah.
The purpose of this study was to determine a better learning outcomes among students who were given a written test to students who were given an oral test on the subject of shallow foundation construction engineering program at the student level building image X 5 SMK Negeri Semarang School Year 2008/2009. Independent variables are in the form of written and oral tests, and the dependent variable is the result of learning. The population in this study were all students Drawing Engineering Expertise Program Level X SMK Negeri Semarang School Year 5 2008/2009 consisting of 2 classes (70 students). The average difference of value of the learning outcomes with matter shallow foundation construction of class X-1 and class TGB TGB X-2 5 SMK Negeri Semarang is a data t = 3.023, while t (0.95) (68) = 2.00. Because the data t> t (0.95) (68), it can be concluded that on the average value of the experimental group I (given a written test) better than the experimental group II (given the oral test). Distribution of the percentage difference in the value of learning outcomes on both treatments was 8.50%. This value indicates the difference between them is very low