PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN 2

  • Choerul Bekti Susilo Gedung E3 Lantai 2 FT Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Keywords: Instructional Media, Lectora, Construction, Building.

Abstract

Penerapan metode portofolio dalam mata kuliah Konstruksi Bangunan 2 menunjukkan peningkatan hasil belajar masih tergolong rendah disebabkan adanya permasalahan belajar. Berdasarkan identifikasi, diperlukan suatu alternatif agar mahasiswa lebih mudah dalam memahami materi perkuliahan dan mengatasi permasalahan belajar. Media pembelajaran berbasis komputer merupakan salah satu alternatif dalam penyelenggaraan sistem pendidikan dengan beberapa keunggulannya. Salah satu media pembelajaran basis komputer yang populer saat ini di kalangan pendidik adalah Lectora, yang dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran mandiri mata kuliah Konstruksi Bangunan 2. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data pengujian validitas media oleh ahli media, dan pengambilan data persepsi kesulitan belajar mahasiswa terhadap media pembelajaran.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan media pembelajaran Lectora dapat mengatasi persepsi kesulitan belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dalam mengikuti mata kuliah Konstruksi Bangunan 2 sebesar 82%, yang termasuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan media pembelajaran Lectora dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran mandiri mahasiswa. Perlu adanya penelitian lanjutan untuk implementasi media terhadap hasil belajar, dan perbaikan media pembelajaran demi kesempurnaan kualitas media pembelajaran.

The application of portfolios method in Building Construction 2 course indicate that the learning outcome is still low due to the learning problems. Based on the identification, an alternative is needed so that students more easily understand the course of study and to overcome learning problems. Computer-based learning media is one of the alternatives in the administration of the education system with several advantages. One of the computer based-learning instructional media that are popular today among educators is Lectora, which can be used to develop self-learning instructional media of the Construction Building 2 course. Data collection methods used in this study is a questionnaire method that have used to obtain the validity data of the instructional media by the experts, and the perception about learning problems of the student. The results of this study indicate Lectora instructional media can overcome the perception of Civil Engineering Education students' learning difficulties in undergo the Building Construction course 2 is 82%, which is belonging in good categories. This shows Lectora instructional media can be used as an alternative self-learning instrucional media for the student. It is needeed further research of implementation of the instructional media to find out the learning outcomes, and improving the quality of instructional media for the better one.

Author Biography

Choerul Bekti Susilo, Gedung E3 Lantai 2 FT Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian: Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asroni, Ali. 2010. Balok dan Pelat Beton Bertulang. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cahyo, Hanggoro Tri. 2013. Handout Desain Struktur Gedung Edisi 2013. Semarang: Jurusan Teknik Sipil Unnes.

Dipohusodo, Istimawan. 1993. Struktur Beton Bertulang. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ginanjar, Anton. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanik. Surakarta: FKIP UNS.

Http://dertraumer.blogspot.com/2012/09/pengertian-tujuan-manfaat-dan-fungsi.html (diakses pada 16/02/2014)

Http://exploreyourget.blogspot.com/2012/06/struktur-bangunan-atas-gedung.html (diakses pada 25/05/2014)

Http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/Jur._Pend._Teknik_Arsitektur/197612072005011-Fauzi_Rahmanullah/ (diakses pada 25/05/2014)

Idham, Noor Cholis. 2013. Merancang Bangunan Gedung Bertingkat Rendah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mardalis. 2003. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Mas’ud, Muhamad. 2013. Tutorial Lectora 1 Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Santyasa, I Wayan. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Suparno. 2008. Teknik Gambar Bangunan SMK Jilid 1 - 3. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Departemen Pendidikan Nasional.

Warsito, Agus. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mata Kuliah Konstruksi Bangunan 2 Dengan Menggunakan Metode Portofolio Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang Angkatan 2012. Semarang: Unnes.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Section
Articles