PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM MATERI KOMPETENSI DASAR PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN DI SMK N 2 PATI

  • Ulia Arigalit Gedung E3 Lantai 2 FT Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Keywords: Influence Learning Model examples non examples, Student Learning Outcomes, Science building materials.

Abstract

Metode pembelajaran examples non examples adalah metode belajar dengan memberikan contoh – contoh gambar yang relevan dari kompetensi dasar tersebut. Gambar dapat ditampilkan dari LCD proyektor, OHP,  dan perlengkapan lainnya yang dapat menunjang metode pembelajaran tersebut. Metode pembelajaran ceramah merupakan proses pembelajaran yang lebih bersifat guru sebagai sumber ilmu. Hasil Penelitian meliputi nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata pre test kelas eksperimen 60,00 dan pada kelas kontrol 56,06. Sedangkan nilai rata-rata post test kelas eksperimen 78,45 dan pada kelas kontrol 73,30. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata (uji-t) nilai post test di dapat nilai thitung sebesar 3,31. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai ttabel sebesar 1,67. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa nilai post test kelas ekperimen lebih baik dari pada nilai post test kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 0,32 (32%) dan pada kelas ekperimen sebesar 0,46 (46%) kriteria sedang. Kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan metode pembelajaran examples non examples mendapatkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan yaitu sebesar 0,20 atau (20%) daripada kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan dengan metode ceramah (konvensional).

 

Examples non examples of learning methods is a method of learning by example - an example of relevant images from such basic competence . Images can be displayed on the LCD projector , OHP , and other supplies that can support the learning method . Method lecture learning is a learning process that is more teacher as a source of knowledge . Results include the mean value of pre-test and post-test in the experimental and control classes . The average value of 60.00 pre-test experimental class and the control class 56.06 . While the average value of 78.45 post test experimental class and the control class 73.30 . Based on the test results of the average difference ( t-test ) in the post-test value can tcount of 3.31 . This value is greater than the value of 1.67 t table . So it can be concluded that the value of post test experimental class is better than the value of post test grade control . Improved learning outcomes in the control class is 0.32 ( 32 % ) and the experimental class of 0.46 ( 46 % ) were the criteria . Experimental class who receive treatment with non- examples examples of learning methods gain increased student learning outcomes significantly by 0.20 or ( 20 % ) than the control group who received treatment with the lecture method ( conventional )

References

Bachtiar A, Wahab Sri Mariani. F.Y, Khosmas. Jurnal Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Lokman Mohd, Tahir dan Nurul Qistin, Mustafa. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional Untuk Pelajar Berkeperluan Khas

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algresindo..

Sujana, Nana. 1989, Dasar-dasar dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sudjana. 2005, Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Slameto. 2003, Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Riyadi, Muhtarom. Amalia. 2005, Teknologi Bahan I . Politeknik Negeri Jakarta. Jakarta

Nurseha, Ratna. Jurnal Pendidikan Vokasional Memacu Kreatifitas

Di unduh melalui Web :

http://copyduty.blogspot.com/p/metode-pembelajaran-efektif.html

http://ahmadnurhidayatarya.blogspot.com/2011/03/model-pembelajaran-example-non-example.html

http://belajarpsikologi.com/pengertian-model-pembelajaran/

http://panduanguru.com/model-model-pembelajaran-pengertiannya/

KARAKTER SISWA SMK BERBASIS DIMENSI _ Wakhinuddin's Weblog.htm

Section
Articles