STUDI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER SMK NEGERI 7 SEMARANG UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Abstract
Studi Kelayakan Sarana Dan Prasarana SMK Negeri 7Â Semarang Untuk mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Pembimbing Drs. Supriyono, MT, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan.
Kurikulum 2013 pembelajarannya berkonsep tematik, jadi semua mata pelajaran saling berkaiatan antara mata pelajaran yang satu dengan yang lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran tersebut perlu sarana dan prasarana untuk mendukung kurikulum 2013 khususnya di laboratorium komputer bidang studi Teknik Gambar Bangunan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan sarana dan prasarana laboratorium komputer bidang studi Teknik Gambar Bangunan untuk mendukung implementasi kurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan  jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan penanggungjawab laboratorium komputer bidang studi Teknik Gambar Bangunan, sedangkan obyek penelitiannya adalah sarana dan prasarana di laboratorium komputer khususnya ditinjau dari luas ruang laboratorium komputer, perabot di ruang laboratorium komputer, peralatan pendidikan di ruang laboratorium komputer, media pendidikan, kualitas perangkat utama dan instruktur yang berada di laboratorium komputer pada bidang studi Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 7 Semarang. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan checklist yang digunakan pada saat observasi dengan skala penilaian model Rating Scale. Data sarana dan prasarana yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan yang berdasarkan Permendiknas Nomor. 40 Tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK), instrumen verifikasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) No. 1023-P2-10/11 Tahun 2010/2011 mengenai instrumen verifikasi SMK/MAK tentang penyelenggara ujian praktik kejuruan dan dan Permendiknas RI Nomor.26 Tahun 2008 tentang standar tenaga laboratorium sekolah/ madrasah, yang tentunya sesui dengan tuntutan dari silabus mata pelajaran pada kurikulum 2013.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan prasarana di laboratorium komputer bidang studi Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 7 Semarang masuk kategori kurang layak artinya belum cukup mendukung implementasi kurikulum 2013 saat ini. Kodisi kelayakan prasarana memiliki persentase 55 %, sedangkan dari segi kelayakan sarana menunjukkan secara umum sudah cukup mendukung pada implementasi kurikulum 2013 saat ini dengan rincian Perabot : 80% , media: 87,5 %, peralatan: 87,5%, kualitas perangkat: 75% dan instruktur: 100%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Indonesia. (2010). Instrumen Verifikasi SMK Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan No. 1023-P3-10/11.
Badan Standar Nasional Indonesia. (2011). Konservasi Energi Pada Sistem Pencahayaan No. 03-6197-2000.
Bafadal, Ibrahim.2005. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori Dana Aplikasinya, Jakarta: Bumi Aksara.
Sutrisno. (2004). Metodologi Research Jilid 3.Yogyakarta: Andi
Hasan, Bachtiar. (2010). Perencanaan Pembelajaran Bidang Studi. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Hendra Natsir. (2011). Studi Kelayakan Sarana Dan Prasarana Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pedidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Ibrahim, Yacob.(2010). Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Jakarta: Cetakan Kedua Rineka Cipta
Laksana Krida. (2011). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMP Pelita Harapan. Tugas Akhir Skripsi. Jakarta: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mulyasa,H.E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri. (2008). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40Tahun 2008 Tanggal 31 Juli 2008 Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).
Peraturan Mentri. (2008). Standar Tenaga Laboratorium Sekolah /Madrasah No.26 Tahun 2008.
Peraturan Mentri. (2014). Pemberlakuan Kurikulum 2013 No.160 Tahun 2014
Purnamasari,Intan.2013.ImplementasiKurikulum2013.file:///D:/RUANG%BELAJAR%20%20makalah%Kurikulum20Implementasi20Kurikulum%202013.html.11 Desember 2014(07:54)
Pratama, Natsir Hendra. (2011). Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Yogyakarta. Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Setiawan, Guntur. (2010). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Usman, Nurdin. (2010). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Balai Pustaka