HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KOGNITIF KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK KESELAMATAN PADA PRATIKUM BATU DI SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2013/2014

  • Nur Ahsan Dachfid
Keywords: Cognitive, Psychomotor, Occupational Health and Safety

Abstract

Di dalam pelaksanaan K3 kegiatan praktik batu di SMK Negeri 2 Salatiga, perlu ditingkatkan karena pernah terjadi kecelakaan kerja yang disebabkan oleh perilaku kerja siswa. Kecelakaan kerja yang terjadi karena siswa kurang pemahaman konsep dasar K3. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pemahaman kognitif dan kemampuan psikomotorik terhadap K3 pada pelaksanaan kegiatan praktik batu. Penelitian ini termasuk penelitian hubungan kolerasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan, studi pustaka, studi dokumentasi, lembar observasi. Analisis hasil penelitian terdapat hubungan positif antara pemahaman kognitif K3 dengan kemampuan psikomotorik K3. Tingkat pemahaman K3 secara klasikal persentase sebesar 86,5%, dan kemampuan psikomotorik keselamatan kerja secara klasikal persentase sebesar 97,3%. Hubungan variabel pemahaman kognitif K3 terhadap kemampuan kognitif siswa didalam melaksanakan kegiatan praktek batu sebesar (r = 0,502) atau berpengaruh sebesar 24 %. Jadi dengan hal ini terbukti masih ada variabel yang lain yang belum diungkap dan diteliti dalam penelitian ini.

In the implementation of K3 building practice at SMK Negeri 2 Salatiga, needs to be improved because there was an accident happened in the workplace caused by the behavior of the student's work. Accidents occur because students do not understand the basic concepts of K3. The objective of this study is to determine the understanding of cognitive and psychomotor abilities against K3 on the implementation of building practice This research includes studies co-relational relationship. Data collection techniques used in this study is to test the ability, literature, study of documentation, observation sheet. This research a positive relationship between K3 cognitive understandings with K3 psychomotor abilities. Level of understanding of the classical K3 percentage is amount 86,5%, and psychomotor abilities in classical safety is amount 97,3% percentage. The relationship of K3 cognitive understanding variables toward the cognitive abilities of students in the conducting building practice of (r = 0.502) or influential amount 24%. So it is proved that there are other variables that have not been revealed and examined in this study.

References

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Indonesia. 2010. Instrumen Verifikasi SMK Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan No. 1023-P3-10/11.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang.

Daryanto, H. 1999. Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dr. Suma’mur P.K., M.Sc. 1989. Keselamatan Kerja & Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: CV. Haji Masagung.

Fathoni, A. 2006. Organisasi & Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Section
Articles