Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kebutuhan pengembangan model investigasi sosial pada pembelajaran menulis petunjuk berkonteks multikultural dalam pembentukan karakter dan (2) bagaimanakah karakteristik model investigasi sosial pada pembelajaran menulis petunjuk berkonteks multikultural dalam pembentukan karakter? Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) tahap pendahuluan, meliputi kegiatan (a) studi literatur, (b) pengumpulan data, dan (c) analisis dan deskripsi temuan; dan (2) tahap pengembangan, meliputi kegiatan (a) penyusunan draf awal, (b) uji ahli, (c) revisi, (d) uji coba, (e) penyempurnaan model, dan (b) penyusunan draf final. Hasil penelitian dan pengembangan ini pada (1) tahap pendahuluan dihasilkan dan dideskripsi kebutuhan model pada pembelajaran menulis petunjuk, dan (2) tahap pengembangan dihasilkan model investigasi sosial yang memiliki tahapan (a) orientasi, (b) eksplorasi, (c) konfirmasi, dan (d) refleksi. Model investigasi sosial ini relatif mudah disesuaikan dan komprehensif antara tujuan akademik, integrasi sosial, dan proses pembelajaran sosial. Oleh karena itu, guru hendaknya menggunakan model ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif, psikomotor, dan afektif siswa.

 

The problems of the study are (1) how the needs of the development of social investigation models in learning writing multicultural context instruction in the character building and (2) how the characteristics of a social investigation model in learning writing multicultural contextual instruction in the character building. The research is conducted in two stages, namely (1) preliminary phase includes (a) the study of literature, (b) data collection, and (c) the analysis and description of findings, and (2) stage of development, includes (a) preparation of initial draft, (b) test experts, (c) revision, (d) test, (e) improvement of model, and (b) preparation of final draft. The results of this research and development in the (1) preliminary phase produce and describe the need of model in learning writing instructions, and (2) stage of development produce social investigation model that has stages (a) orientation, (b) exploration, (c) confirmation, and (d) reflection. Model of social investigation is relatively easily customized and comprehensive between academic goals, social integration, and social learning process. Therefore, teachers should use this model to enhance cognitive abilities, psychomotor, and affective of students.