EVALUASI PEMBELAJARAN SISWA AKTIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 5 SEKOLAH DASAR
Abstract
Rumuskan masalah penelitian ini adalah apakah kinerja guru khususnya dalam mengajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia kepada siswa kelas 5 SD negeri inti dan imbas di Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga telah memenuhi standar proses pembelajaran aktif? Penelitian ini menggunakan metode evaluasi. Jenis penelitian evaluasi bertujuan mengevaluasi program termasuk di dalamnya program pembe- lajaran dalam rangka pengambilan keputusan. Pembelajaran aktif pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD kelas 5 Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga pada umumnya sudah baik. Namun demikian, kemahiran guru merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran, mengorganisasikan materi pembelajaran berdasarkan strategi belajar aktif, mengevaluasi pembelajaran, dan kemahiran dalam menguasai metode pembelajaran yang variatif dan inovatif masih kurang. Upaya menumbuhkan kemandirian siswa dalam berinovasi dan layanan bimbingan secara khusus kepada siswa yang bermasalah juga belum maksimal.
The statement of the problem in this research is whether the performance of teachers, especially in the Indonesian language subjects taught at the 5th grade students in Sidorejo District, Salatiga has met the standard of active learning process. This study uses the method of evaluation. This type of evaluation study aims to evaluate the program includes learning programs in order to decision making. Active learning in Indonesian language teaching in elementary school class 5 Sidorejo District, Salatiga is good in general. However, the proficiency of teachers in formulating goals and indicators of learning, organizing learning materials based on active learning strategies, evaluating learning, and proficiency in mastering varied and innovative learning methods is still lacking. Efforts to foster students’ independence in innovation and guidance services in particular to students with problems are also not maximal.