Abstract

Pembelajaran BIPA merepresentasikan masyarakat dwibahasa. Kondisi tersebut diasumsikan memunculkan pilihan bahasa dalam interaksi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud pilihan bahasa, pola pemilihan bahasa, dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan bahasa dan alasan pengajar serta pembelajar menggunakan pilihan bahasa dalam interaksi pembelajaran BIPA. Data dikumpulkan dengan metode simak dilanjutkan menggunakan teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Analisis data dilakukan dengan metode padan menggunakan teknik pilah unsur penentu. Dalam interaksi pembelajaran BIPA terdapat pilihan bahasa berupa 1) variasi tunggal bahasa meliputi Bahasa Indonesia ragam formal dan nonformal, serta bahasa Inggris; 2) alih kode; dan 3) campur kode. Pola pemilihan bahasa dilihat berdasarkan tingkat pembelajaran dan proses terjadinya interaksi. Ditemukan pola peralihan situasional dan metaforik dalam wujud pilihan bahasa. Pilihan bahasa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa latar belakang bahasa penutur, sedangkan faktor eksternal berupa situasi, topik percakapan, dan maksud/tujuan tuturan. Adanya tiga wujud pilihan bahasa yakni variasi tunggal bahasa, alih kode, dan campur kode selaras dengan tingkat/jenjang pembelajaran BIPA.


Indonesian Language Learning for Foreign Speakers (BIPA) represents a bilingual society. Such condition was assumed to create language choice in the interaction of BIPA. This study was aimed to describe instances, patterns, and factors of languange choice that shape the language choice itself and the teachers and learners’ motives in using language choice during the interaction of BIPA. The data were collected via observation method and other advanced techniques such as uninvolved conversation observation technique, recording, and writing. Furthermore, the data were analyzed using comparative method and determinant-sorting technique. The instances of language choice which were found in the interaction of BIPA are 1) intra-language variation within Indonesian language i.e. formal and informal Indonesian, and English; 2) code switching; and 3) code mixing. The patterns of language choice were observed according to the levels of learning and the process of interaction. There were two patterns which were found such as situational and metaphorical switching. The factors that influenced the language choice are internal factor within the background of the learners’ language, and external factors within situation, topic of conversation, and purpose of speech. The kind of language choice was relevant with the levels of BIPA.