Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Legenda Bermuatan Kearifan Lokal Berbahasa Jawa
Abstract
Bahan ajar merupakan komponen penting yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar yang baik dapat membantu peserta didik dalam rangka mencapai kompetensi. Sumber bahan ajar yang dipilih guru ada kecendrungan dititikberatkan hanya ada satu bahan ajar. Padahal banyak pilihan sumber bahan ajar yang digunakan. Pembelajaran membaca sastra legenda merupakan salah satu kompetensi dasar dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Jawa pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII. Kenyataannya, belum banyak buku mengenai membaca sastra legenda. Maka dari itu, perlu pengembangan bahan ajar membaca sastra legenda. Penelitian ini dilandasi oleh pentingnya bahan ajar sebagai penunjang keberhasilan pembelajaran, dan pentingnya muatan kearifan lokal dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar membaca sastra legenda yang bermuatan kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yang direduksi hanya sampai pada proses uji keefektifan. Adapun hasil penelitian ini berupa bahan ajar membaca sastra legenda yang bermuatan kearifan lokal yang telah memenuhi kelayakan sebagai buku. Berdasarkan hasil uji keefektifan, bahan ajar ini efektif digunakan dengan bukti data uji t sebesar 10,546 dan tingkat signifikansi 0,000.
One of most important components on the process of learning is that the existence of corse module which it is very valuable for the teacher. An appropriate course module helps students to understand deeper some competences of the study. Theachers are focused to the only course module. Although, there are many choices about the course modules themselves. Reading legend literature competence is one of appropriate course competence of the teacher in teaching Javanese toward eight grades Junior High School students . In fact, there are no books about it yet. This study is based on the importance of books enrichment as supporting successful learning , the importance of local wisdom charge , and the importance of a scientific approach to learning . This study aims to produce books enrichment read text -laden observations report the values ​​of local wisdom by using a scientific approach . The method used is research and development ( R & D ) is reduced only to the effectiveness of the testing process . The results of this study in the form of books read text enrichment -laden observations report the values ​​of local wisdom that has met the eligibility as a book . Based on the results of testing the effectiveness , book this enrichment effectively used with data evidence amounted to 10.546 t test and a significance level of 0.000.