Abstract

Wujud perilaku berbahasa dan faktor yang melatarbelakangi sikap bahasa mencerminkan sikap bahasa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) menganalisis perilaku berbahasa pengembang perumahan, pengelola hotel, dan pengelola toko dan (2) mengevaluasi kecenderungan sikap bahasa pengusaha ke arah tertentu. Penelitian ini menggunakan teori sosiolinguistik, sikap bahasa, bahasa bisnis, pedoman pengindonesiaan kata dan istilah asing, dan cara penggunaan istilah asing. Hasil penelitian ialah (1) wujud perilaku berbahasa pengembang perumahan, pengelola hotel, dan pengelola toko dikonstruksi tiga komponen, yaitu komponen kognitif, komponen afektif, dan komponen konatif dan (2) kecenderungan sikap bahasa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa identitas dan prestise, sementara itu, faktor eksternal berupa kebutuhan penamaan menyesuaikan lokasi. Temuan penting dari penelitian ini ialah wujud perilaku berbahasa dan faktor yang melatarbelakangi sikap bahasa mempengaruhi sikap bahasa pengembang perumahan, pengelola hotel, dan pengelola toko. Hasil penelitian bermanfaat untuk menambah khazanah ilmu sosiolinguistik terutama yang berkaitan dengan sikap bahasa.

Form of language behavior and factor of language attitude reflect language attitude of entrepreneur. The purpose of this study is (1) analyze instances of enterpreneur’s language act and (2) evaluate factors of language attitude that inclined to one side. This study used sosiolinguistic theory, language attitude theory, language business theory, word and technical foreign word reserving orientation, and foreign word used method. The results of the study are (1) the instance of language attitude which were found in the enterpreneur writing and spoken speech are 1) cognitive component, 2) affective component, and 3) conative component and (2) the factors that influenced the language attitude are internal and external factor. Internal factors are identity and prestige. Furthermore, the external factor are name based location. The invention of this research are form of language behavior and factor of language attitude that reflect language attitude of entrepreneur. The results of this research have benefit to increase knowledge of sosiolinguistic.