Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model Sinektik dan Model Kreatif-Produktif pada Peserta Didik SMA Berdasarkan Tipe Pemerolehan Informasi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi keefektifan pembelajaran menulis cerpen dengan model sinektik pada peserta didik kelas XI SMA berdasarkan tipe pemerolehan informasi, (2) mendeskripsi keefektifan pembelajaran menulis cerpen dengan model kreatif-produktif pada peserta didik kelas XI SMA berdasarkan tipe pemerolehan informasi, (3) menguji perbedaan keefektifan pembelajaran menulis cerpen dengan model sinektik dan model kreatif-produktif pada peserta didik kelas XI SMA dalam interaksinya dengan tipe pemerolehan informasi. Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan dua kelompok eksperimen. Sampel penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas XI SMA N 6 Semarang dan SMA XI SMA N 11 Semarang. Hasil penelitian ini adalah (1) pembelajaran menulis cerpen dengan model sinektik lebih efektif pada peserta didik bertipe intuisi, (2) pembelajaran menulis cerpen dengan model kreatif-produktif lebih efektif pada peserta didik bertipe penginderaan, (3) pembelajaran menulis cerpen dengan model sinektik lebih efektif daripada model kreatif-produktif berdasarkan tipe pemerolehan informasi.
The purpose of this study is to (1) describe the effectiveness of the teaching of writing short stories with synectics model of Senior High School grade XI based on the information acquisition type (2) describe the effectiveness of the teaching of writing short stories with creative-productive model of Senior High School grade XI based on the information acquisition type (3) examine the differences of the effectiveness of learning to write short stories with sinektik models and creative-productive models of Senior High School grade XI classes in its interaction with the type of information acquisition. The research design used was quasi experiment with the two experimental group. The samples were learning skills of students to write short stories in grade XI SMAN 6 Semarang and grade XI SMA N 11 Semarang. The results of this study are (1) writing short stories learning with synectics model is more effective for visual learner intuitive type, (2) writing short stories learning with creative-productive model is more effective for sensing type learner than for intuitive type, (3) writing short stories learning with synectics model is more effective than the creative-productive model based on the information acquisition type.