Afandi, M., & Zulaeha, I. (2017). Keefektifan Buku Pengayaan Menulis Teks Hasil Observasi Bermuatan Multikultural Berbasis Proyek Baca Tulis untuk Peserta Didik SMP. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/seloka.v6i2.17285
Anwar, M. (2017). Perbandingan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Elastisitas. Undergraduate Thesis, IAIN Palangka Raya. Retrieved from http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/1159/.
Cahyanti, et al. (2018). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII SMP N 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate Thesis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/65324/.
Habibi, Z. & Puput, W.R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 66(3), 669–77. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/10122.
Hasanuddin WS. (1996). Drama Karya Dalam Dua Dimensi Kajian Teori, Sejarah dan Analisis. Bandung: Angkasa.
Huda, M. (2014). Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, A. (2005). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Mayasari, D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa. Proceeding of Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS, 102–11. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5998.
Milawati, T. (2011). Peningkatan Kemampuan Anak Memahami Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somat.†Jurnal UPI, vol. Edisi Khusus (2), 70–78. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/md/view/669/.
Rhiantini, S, et al. (2017). Penerapan Metode Two Stay Two Stray dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Materi Laporan Pengamatan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 121–30. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/9533.
Ripai, A. (2012). Pengembangan Teknik Berpikir Berpasangan Berbagi Pembelajaran Menulis Teks Drama yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/700.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shofiah, S., & Zulaeha, I. (2018). The Learning Multicultural Content Exposition Text Writing Using CIRC and TTW Models Based on Personality Types of X Graders. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 103-111. https://doi.org/10.15294/seloka.v7i1.18874
Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Anwar, M. (2017). Perbandingan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Elastisitas. Undergraduate Thesis, IAIN Palangka Raya. Retrieved from http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/1159/.
Cahyanti, et al. (2018). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII SMP N 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate Thesis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/65324/.
Habibi, Z. & Puput, W.R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 66(3), 669–77. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/10122.
Hasanuddin WS. (1996). Drama Karya Dalam Dua Dimensi Kajian Teori, Sejarah dan Analisis. Bandung: Angkasa.
Huda, M. (2014). Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, A. (2005). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Mayasari, D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa. Proceeding of Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS, 102–11. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5998.
Milawati, T. (2011). Peningkatan Kemampuan Anak Memahami Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somat.†Jurnal UPI, vol. Edisi Khusus (2), 70–78. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/md/view/669/.
Rhiantini, S, et al. (2017). Penerapan Metode Two Stay Two Stray dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Materi Laporan Pengamatan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 121–30. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/9533.
Ripai, A. (2012). Pengembangan Teknik Berpikir Berpasangan Berbagi Pembelajaran Menulis Teks Drama yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/700.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shofiah, S., & Zulaeha, I. (2018). The Learning Multicultural Content Exposition Text Writing Using CIRC and TTW Models Based on Personality Types of X Graders. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 103-111. https://doi.org/10.15294/seloka.v7i1.18874
Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Abstract viewed - 444 times
- PDF downloaded - 271 times
Affiliations
Rahayu Fitri
STKIP PGRI Sumatera Barat
Risa Yulisna
STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
How to Cite
Fitri, R., & Yulisna, R. (2020). The Difference of Using the Cooperative Approach Two Stay Two Stray and Jigsaw Type in Writing Skill of Drama Scripts at VIII Grade Students. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 91-98. https://doi.org/10.15294/seloka.v9i1.34181
The Difference of Using the Cooperative Approach Two Stay Two Stray and Jigsaw Type in Writing Skill of Drama Scripts at VIII Grade Students
Vol 9 No 1 (2020): April 2020
Submitted: Sep 22, 2019
Published: Apr 21, 2020
Abstract
The aim of this research was to describe whether there is a significant difference or not in writing skill of drama scripts in grade VIII students of SMP Negeri 6 Padang, West Sumatra that were taught by using the Coperative Approach Two Stay Two Stray and Jigsaw type. The type of this research is a quantitative research with a quasi experiment method. This research uses the Non-equivalent Control Group Design. In this research, it was determined class VIII.2 as the experimental class I and VIII.6 as the experimental class II. The analyzing data is conducted by describing data. Then, it conducted data analysis requirements and hypothesis testing. The result is any significant difference in the writing skill of drama scripts at grade VIII students of SMP Negeri 6 Padang who were taught by the Cooperative Approaches Two Stay Two Stray and Jigsaw type. This is due to the similarity between the cooperative approaches in Two Stay Two Stray and Jigsaw type which students have the opportunity to explore information by asking questions and discussing with other groups. Thus, H0 is accepted and H1 is rejected because tcount<ttable = 0,19<1,67.