Akhadiah, Sabarti dkk. (2014). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsini. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Akmal, R.M., Ratna, A., dan Zulfikarni. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedurâ€. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, 5(2): 313-320.
Elpha, F. P., Arief, E., Zulfirkani. (2019). “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padangâ€. UNP: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(8): 98-105.
Hong Li, et.el (2017). “The Use of a “Think-Pair-Share†Brainstorming Advance Organizer to Prepare Learners to Listen in the L2 Classroomâ€. International Journal of Listening, 0(0):1-14.
Kemendikbud. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kusri, Andi Muhammad. (2016). “Pengaruh Layanan Informasi Peminatan Terhadap Kemantapan Pilihan Sekolah Lanjutanâ€. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. Vol.2 No 1.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Marques, J.P.F., dan Alverne, C.M. (2019). “What are Newspaper Editorials Interested In? Understanding the Idea of Criteria of Editorial-Worthinessâ€. Article Reuse Guildelines, Federal University of Paraná, Rua General Carneiro, 00(0): 1 -19.
Mohamad Surya. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Rifai, Ahmad. (2012). “Pengembangan Teknik Berpikir Berpasangan Berbagi Pembelajaran Menulis Teks Drama yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2): 150-156.
Sari, T.P., Dawud, Andajani, K. (2019). “Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XIIâ€. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1): 51-55.
Sumadiria, H. (2009). Menulis Artikel dan Tajuk Rencana: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Sugiyono. (2006). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunarsih, Sri. (2012). “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Model Kooperatif Teknik Mencari Pasangan dan Teknik Kancing gemerincing pada Siswa Introver dan Ekstrover di SMPâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1): 35-39.
Suningsih. (2018). “The Effevtiveness of Learning to Ptoduce Exposition Texts with Project Based Models in Vocational High Schools, Based on Specialization Departementâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3): 300-305.
Shih, Y.C., Reynolds, B.L. (2015). “Teaching Adolescents EFL by Integrating Think-Pair-Share and Reading Strategy Instruction: A Quasi- Experimental Studyâ€. RECL Jurnal. 46(3) 221– 235.
Syaifudin, A. (2012). “Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Argumentasi Siswa SMA Melalui Dukungan ICTâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1): 40-44.
Wasilah, Syahrul, dan Noveria. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Kelas VIII SMP Negeri 30 Padangâ€. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(1): 8-16.
Zulaeha, Ida. (2008). Kebutuhan pendidik, Peserta didik, Materi Ajar, dan Strategi dalam Pengembangan Pembelajaran Menulis Kreatif Konteks Multikultural. Jurnal of Education Research Lemaran Ilmu Pendidikan (LIK), 37(2):126-133.
Zualeha, Ida. (2016). Teori, Model, dan Implementasi Pembelajaran Menulis Kreatif. Semarang: Unnes Prees.