Alimatussa’diyah & Nuryatin, A. (2017). “Inferioritas tokoh perempuan dalam novel
bumi cinta karya habiburahman el shirazyâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1), hlm 15-24.
Feist, J., Feist, G, J., Roberts, T. (2017). Teori kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.
Fuadi, A. (2019). Anak rantau. Jakarta: PT Falcon
Interactive.
Habiba, S, P, A. & Nuryatin, A. (2018). “The islamic values representations of female
main character in novels by habiburrahman
el-shirazyâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (1), hlm. 60-66.
Hamdani, A. (2016). “Drama “malam jahanam†karya motinggo busye: sebuah telaah
psikologisâ€. Bahasa dan Sastra: Journal of
Language and Literature Education, 16 (2), hlm. 235-245.
.Juminartanti, D. (2017). “Aktualisasi Diri Tokoh
Utama Pria dalam Novel Trilogi Makrifat Cinta Karya Taufiqurrahman Al-Azizyâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1), hlm. 85-92.
Khunaefi, A. & Nuryatin, A. (2017). “Peristiwa-peristiwa kejiwaan dan reaksi tokoh utama selama menghadapi konflik perubahan kepribadian dalam novel cinta di ujung sajadah karya asma nadiaâ€. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 13 (1), hlm. 100-108.
Nofrita, Mirsa. (2018). “Karakter tokoh utama novel sendalu karya chavchay syaifullahâ€. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 2 (1), hlm. 30-36.
Pratika, E. & Dewi, N. W. S. P. (2014). “Aktualisasi diri dan persepsi terhadap pelaksanaan pelatihan pada karyawan PT pelindoâ€. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 5 (1), hlm. 7-14.
Purwaningrum & Haryati, N. (2016) “Pengaruh pola asuh permisif terhadap perkembangan kepribadian tokoh utama novel Mendung Tak Bermalam karya abu umar basyier: kajian psikologi sastraâ€. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra. 12 (1), hlm. 13-24.
Schultz, D. (2020). Psikologi pertumbuhan: model-
model kepribadian sehat. Yogyakarta: Kanisius.
Setyowati & Supriyanto, T. (2017). “Proses aktualisasi diri tokoh utama dalam dwilogi novel padang bulan dan cinta di dalam gelasâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1), hlm. 169-178.
Udayana, H. & Indiatmoko, B. (2017). “Ekspresi
Cinta dan Citra Religius dalam Novel Atheis Karya Achdiat Kartamihardjaâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2), hlm. 218-225..
Waluyo, Herman, J. (2017). Pengkajian dan apresiasi prosa fiksi. Yogyakarta: Ombak.
bumi cinta karya habiburahman el shirazyâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1), hlm 15-24.
Feist, J., Feist, G, J., Roberts, T. (2017). Teori kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.
Fuadi, A. (2019). Anak rantau. Jakarta: PT Falcon
Interactive.
Habiba, S, P, A. & Nuryatin, A. (2018). “The islamic values representations of female
main character in novels by habiburrahman
el-shirazyâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (1), hlm. 60-66.
Hamdani, A. (2016). “Drama “malam jahanam†karya motinggo busye: sebuah telaah
psikologisâ€. Bahasa dan Sastra: Journal of
Language and Literature Education, 16 (2), hlm. 235-245.
.Juminartanti, D. (2017). “Aktualisasi Diri Tokoh
Utama Pria dalam Novel Trilogi Makrifat Cinta Karya Taufiqurrahman Al-Azizyâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1), hlm. 85-92.
Khunaefi, A. & Nuryatin, A. (2017). “Peristiwa-peristiwa kejiwaan dan reaksi tokoh utama selama menghadapi konflik perubahan kepribadian dalam novel cinta di ujung sajadah karya asma nadiaâ€. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 13 (1), hlm. 100-108.
Nofrita, Mirsa. (2018). “Karakter tokoh utama novel sendalu karya chavchay syaifullahâ€. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 2 (1), hlm. 30-36.
Pratika, E. & Dewi, N. W. S. P. (2014). “Aktualisasi diri dan persepsi terhadap pelaksanaan pelatihan pada karyawan PT pelindoâ€. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 5 (1), hlm. 7-14.
Purwaningrum & Haryati, N. (2016) “Pengaruh pola asuh permisif terhadap perkembangan kepribadian tokoh utama novel Mendung Tak Bermalam karya abu umar basyier: kajian psikologi sastraâ€. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra. 12 (1), hlm. 13-24.
Schultz, D. (2020). Psikologi pertumbuhan: model-
model kepribadian sehat. Yogyakarta: Kanisius.
Setyowati & Supriyanto, T. (2017). “Proses aktualisasi diri tokoh utama dalam dwilogi novel padang bulan dan cinta di dalam gelasâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1), hlm. 169-178.
Udayana, H. & Indiatmoko, B. (2017). “Ekspresi
Cinta dan Citra Religius dalam Novel Atheis Karya Achdiat Kartamihardjaâ€. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2), hlm. 218-225..
Waluyo, Herman, J. (2017). Pengkajian dan apresiasi prosa fiksi. Yogyakarta: Ombak.
- Abstract viewed - 534 times
- PDF downloaded - 558 times
Affiliations
Indra Putra Pahlewi
Universitas Negeri Semarang
Agus Nuryatin
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Deby Luriawati
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
How to Cite
Pahlewi, I., Nuryatin, A., & Luriawati, D. (2020). The Self-Actualization of the Main Character in the Novel Anak Rantau by Ahmad Fuadi. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(3), 212-220. https://doi.org/10.15294/seloka.v9i3.41295
The Self-Actualization of the Main Character in the Novel Anak Rantau by Ahmad Fuadi
Indonesia
Vol 9 No 3 (2020): December 2020
Submitted: Sep 29, 2020
Published: Dec 31, 2020
Abstract
The novel Anak Rantau by Ahmad Fuadi was chosen as the object of research because of the many aspects of self-actualization that are raised in the story, especially regarding the main character's struggles in facing the realities of life and its twists.. The purpose of this research was to describe and explain the process and characteristics of the main character's self-actualization in the novel Anak Rantau by Ahmad Fuadi. This study used a literary psychology approach. The psychological theory used was Abraham Maslow's self-actualization. Hepi started the process of self-actualization since he was abandoned in Tanjung Duren village by his father. Hepi fulfilled 14 traits of self-actualization. The nature of self-actualization that he has was 1) efficient observation of reality; 2) self-acceptance and others as they are; 3) spontaneity, simplicity, and reasonableness; 4) focus on the problem; 5) the need for privacy; 6) function autonomously; 7) appreciation that is always fresh; 8) social awareness/interest; 9) interpersonal relationships; 10) democratic; 11) differences between means and objectives; 12) creativity; 13) independence, and 14) peak experience.