Badriyah, N., Zulaeha, I, dan Wagiran, W. (2020). Characteristics of Writing Explanation Text Enrichment Book Containing 21st Century Competence for Senior High School Students. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(3), 239–246. https://doi.org/10.15294/seloka.v9i3.40460
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118
Darmuki, Agus A. H. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018 / 2019. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3202, 267.
Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/26388/16471/0
Hazwani, M. (2021). Optimalisasi Kemampuan Berbicara dengan Metode Bercerita pada Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6 (1), 135-140. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/1424
Marpaung, D. (2018). Penerapan Metode Diskusi dan Presentasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. School Education Journal PBSI FIP Unimed, 8(4), 360–368. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i4.11375
Millah, D. (2015). Audience Centered pada Metode Presentasi sebagai Aktualisasi Pendekatan Student Centered Learning. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 255–278. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.794
Nikmah, D. A. A., Setyawan A, dan Citrawati T. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 618–625.
Nuryanto, S., dan Abidin A. (2018). Berbicara Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-nilai Karakter melalui Penerapan Metode Task Based Activity dengan Media Audio Visual. Journal.Unnes.Ac.Id, 35, 83–94. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/15095
Prasetyo, A., dan Santoso D. A. A. (2018). Pengaruh Teknik Bermain Peran terhadap Keterampilan Berbicara. Deiksis, 10(02), 85. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i02.2375
Ruiyat, S. A., Yufiarti Y, dan Karnadi K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256
Sari, R. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara pada Bahasa Indonesia Tingkat SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 61–67. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.582
Suriani, A, dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800–807. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832
Tambunan, P. (2018). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Fakultas KIP Universitas Quality, 2(1). http://portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/109
Tasrifah, T., Subyantoro S, dan Haryadi H. (2022). Development of Enrichment Book on Poetry Text Writing Oriented to Creative Thinking Skill with Divine Values. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 11(3), 314–322. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka
Wijayanti, Titin dan Suhartono. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Keterampilan Berbicara Siswa di Sekolah Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4), 1309–1317. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1048
Wiranty, W dan Mastuti D. L. (2017). Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa dalam Pembelajaran melalui Metode Presentasi Kelas Tahun Akademik 2016/2017 Semester Genap. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 129–142.