Abstract

Menulis merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik sekolah menengah pertama. Melalui
tulisan, peserta didik dapat menyampaikan pengalaman, pikiran, perasaan, atau keinginan. Masalah penelitian
ini adalah (1) bagaimanakah kebutuhan pengembangan model pembelajaran berbasis masalah yang bermuatan
nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan persepsi guru dan peserta
didik kelas VIII SMP?; (2) bagaimanakah prinsip-prinsip pengembangan model pembelajaran berbasis masalah
yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis cerpen pada peserta didik kelas
VIII SMP? (3) bagaimanakah pengembangan prototipe model pembelajaran berbasis masalah yang bermuatan
nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis cerpen pada kelas VIII SMP?; (4) bagaimanakah
keberterimaan penerapan pengembangan model pembelajaran berbasis masalah yang bermuatan nilai-nilai
pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis cerpen pada kelas VIII SMP. Dalam penelitian ini digunakan
desain Research and Development. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, analisis
kebutuhan, pengembangan model yang dikembangkan, uji validasi, revisi, implementasi, revisi akhir,
pengembangan model/produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, tes,
dan dokumentasi foto.

 

Writing is a skill that must be owned by middle school students. Through writing, students can
convey experiences, thoughts, feelings, or desires. The research problem is (1) How can the needs
of the development of PBL model that charged the values of character education in learning to
write short stories on the perceptions of teachers and students of class VIII?; (2) How do the
characteristics of the development of PBL model value-laden -the value of character education in
learning to write short stories at the high school of learner assessment system class?; (3) How is
the development of a prototype model of PBL  charged the values of character education in
learning to write short stories in class VIII SMP?;  (4) How does the development of PBL model
that charged the values of character education in learning to write short stories in eighth grade
junior high? This research was carried out by using a design research and development. Steps
being taken in this research is the study pustaka, analisis needs, the development of the model
developed, test validation, revision, implementation, final revision, final product. Data was
collected by observation, questionnaires, interviews, tests, and photo documentation