Abstract

Menulis karya ilmiah merupakan tuntutan formal akademik yang harus dipenuhi oleh ma-hasiswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi kebutuhan pengembangan model inkuiri sosial pada pembelajaran menulis mahasiswa untuk menulis karya ilmiah, 2) mema-parkan karakteristik model inkuiri sosial pada pembelajaran menulis karya ilmiah 3) mengem-bangkan model inkuiri sosial yang dimodifikasi, 4) menentukan keefektifan model inkuiri sosial pada pembelajaran menulis karya ilmiah mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang diadopsi dari Borg dan Gall (1987). Ada tiga jenis instrumen yang di-gunakan yaitu angket kebutuhan, uji ahli dan tes. Hasil analisis data kebutuhan dosen dan mahasiswa menunjukan bahwa doesn dan mahasiswa sangat membutuhkan pengembangan model inkuiri sosial yang dimodifikasi untuk peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Hasil perhitungan SPSS two sample test menunjukan bahwa bahwa Sig. = 0.000, jika dibandingkan dengan α= 0.05 diperoleh Sig. < 0.05 sehingga berdasarkan kaidah keputusan maka terima Hαyang berarti skor nilai posttes secara signifikan lebih besar dari skor nilai pretes. Pengembangan model inkuiri sosial dapat dikatakan efektif. Dengan de-mikian model inkuiri soisal yang dimodifikasi dapat digunakan dalam proses pemebelajaran penulisan karya ilmiah. Oleh karena itu, dosen disarankan menerapkan model tersebut dalam proses pembelajaran menulis karya ilmiah.

 

Writing scientific papers is a formal academic demand that must be fulfilled by the students. The purposes of this study were 1) to identify development needs in the social inquiry model of students’ scientific papers, 2) to describe the characteristics of the social inquiry model of students’ scientific papers, 3) to develop a modified model of social inquiry, 4) to determine the effectiveness of social inquiry model of students’ scientific papers. This type of research was an R&D adopted from Borg and Gall (1987). There were three types of instruments used; the needs of lecturer and student, the valuation expert and test. The results of data analysis to the needs of lecturers and students showed that both lecturers and stude nts need a modified developing social inquiry model to increase student skills in writing scientific papers. The two t tests sample showed that Sig. = 0000, if compared with α= 0.05 obtained by Sig. 0:05. Based on the minimum criteria, it achieves Hαmeans that the posttest score is better than pretest. The developing of social inquiry was effective therefore; the model can be used in teaching and learning scientificpaper.