PENGEMBANGAN TEKNIK BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA YANG BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemampuan menulis teks drama yang perlu dit-ingkatkan melalui pengembangan teknik pembelajaran yang dapat menyebabkan mahasiswa berpikir kritis dan kreatif. Masalah yang diteliti (1)bagaimana pengembangan teknik berpikir berpasangan berbagi dalam pembelajaran menulis teks drama beradasarkan persepsi dosen dan mahasiswa; (2) bagaimanakah desain teknik pembelajaran berpikir berpasangan berbagi menulis teks drama pbermuatan nilai-nilai pendidikan karakter pada mahasiswa progaram studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; dan (3)bagaimanakah hasil belajar mahasiswa menulis teks drama menggunakan teknik pembelajaran berpikir berpasangan berbagi menulis teks drama bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter pada mahasiswa progaram studi pen-didikan bahasa dan sastra Indonesia.Tujuanya adalah mendeskripsi hasil belajar mahasiswa menulis teks drama menggunakan teknik pembelajaran berpikir berpasangan berbagi. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua langkah yaitu studi pendahuluan dan pengembangan. Hasil penelitian meliputi kebutuhan teknik pembelajaran dalam menulis teks drama pada mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia adalah teknik pembelajaran yang berkarakteristik (1) sebelum menulis, mahasiswa diberi kesempatan untuk membaca, menganalisis, dan mendiskusikan teks drama; (2) teori menulis teks drama tetap diajarkan; (3)kegiatan menulis dilakukan bertahap dan berkelanjutan.
The research was motivated by the ability to write a drama text needs to be improved through the devel-opment of learning technics that can lead students to think critically and creatively. Think Pair Share technic of learning is the right technic to write a drama text as it can cause students to think critically and creatively. Problem of this study were (1) what are the needs in learning to write text based ondrama teacher and student perceptions, (2) how the design of learning technics Think Pair Share write-charge drama written text values of character education in program students study Indonesian language and lit-erature education; and (3) how the students learn to write a drama text using Think Pair Share technic of learning to write text-charged drama of character education values in program students study Indonesian language and literature education.