PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERMUATAN GENDER DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA SEKOLAH DASAR TINGKAT TINGGI
Abstract
Media pembelajaran harus sesuai dengan minat siswa. Media komik bermuatan gender disusun untuk mempermudah peningkatan keterampilan bercerita di sekolah dasar tingkat tinggi dan penanaman nilai gender sejak dini. Pendekatan penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dari Brog dan Gall. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa prinsip pengembangan media komik bermuatan gender meliputi (1) fixative property, (2) manipulative property, dan (3) distributive property,sedangkan dari uji coba produk terungkap perbedaan nilai siswa, yakni dari mean 56,17 menjadi 74,87. Dengan demikian, media komik bermuatan gen-der mampu meningkatkan kemampuan bercerita siswa sekolah dasar tingkat tinggi.
Instructional media should be in accordance with the interests of students. Media gendered comic prepared to facilitate the upgrading of skills in elementary school told me and planting a high level of gender values early on. This research approach is the Research and Development (R & D) of Brog and Gall. Based on survey results revealed that the principle of the develop-ment of gender-laden comic book covers (1) fixative property, (2) manipulative property, and (3) distributive property, while the trials of the products revealed differences in student scores, the mean of 56.17 to 74, 87. Thus, gender-laden comic medium can improve the ability to tell a high level of primary school students.