EFEKTIVITAS PERSONAL SELLING DAN SALES PROMOTION DENGAN SAMPEL PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas metode promosi personal selling dan sales promotion berupa sampel produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini melibatkan 80 orang responden mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang didapatkan melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian ini merupakan desain kuasi eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil bahwa sebanyak 19 (47,5%) responden memutuskan untuk membeli melalui personal selling, sedangkan sebanyak 27 (67,5%) responden memutuskan untuk membeli melalui pemberian sampel produk. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini pemberian sampel produk lebih efektif dalam mendorong terjadinya keputusan pembelian responden.
Â
This research’s aim is to know the differences effectivity of promotion method between personal selling and sales promotion of product sample for consumen purchase decisions. This research engage 80 people of Semarang State University’s student respondent that gather with purposive sampling technique. Reseachh design is quasi experiment design. Data making is done with questionnaire method and analized with descriptive analysis. Based on data analiysis, there are 19 (47,5 %) of respondent took a decision to buy by personal selling, and 27 ( 67,5%) of respondent took a decision to buy by product sample distribution. Based on that result, it inferential that in this research, product sample distribution is more effective on encourage of respondent buying decision.