Online Repurchase Intention Ditinjau dari Perceived Enjoyment pada Konsumen Shopee
Abstract
Nilai kenikmatan konsumen terhadap suatu produk akan memengaruhi perilaku konsumen selanjutnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perceived enjoyment dan online repurchase intention pada konsumen shopee dan mengetahui gambaran online repurchase intention pada konsumen shopee. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah bahwa ada hubungan perceived enjoyment dengan online repurchase intention pada konsumen shopee, dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi perceived enjoyment pada konsumen shopee, maka akan semakin tinggi pula online repurchase intention. Subjek penelitian yang terlibat pada penelitian ini adalah subjek yang memiliki akun shopee dan pernah membeli produk di shopee dengan total 390 subjek. Perhitungan dilakukan dengan melaksanakan uji analisis bersyarat (uji hipotesis atau asumsi) yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji hipotesis menggunakan teknik Rank Spearman dengan bantuan program pengolah data untuk menganalisis data penelitian. Hasil analisis data yang menunjukkan (r = 0.681, p = 0.000) artinya adanya hubungan yang lurus dan memiliki hubungan yang positif antara kedua variabel. Pada hasil penelitian ini juga ditunjukkan bahwa gambaran umum online repurchase intention pada penelitian ini berada dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 72%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis diterima, yakni ada hubungan perceived enjoyment dan online repurchase intention pada konsumen shopee.