KAPITALISME PENDIDIKAN DALAM PENERAPAN PROGAM SEKOLAH DI SMA AL-KAUTSAR BANDARLAMPUNG

  • Tuti Sulistio Warni Jurusan Sosiologi Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nurul Fatimah Jurusan Sosiologi Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Citizens of Al-Kautsar High School, Education Capitalism, School Program..

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan program klasifikasi 3 kelas yaitu kelas unggul, kelas plus, dan kelas reguler, serta implikasi penerapan program tersebut di SMA Al-Kautsar Bandarlampung. Penelitian ini dilakukan di SMA AL-Kautsar Bandarlampung, Kecamatan Rajabasa, Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: klasifikasi kelas yang ada di SMA Al-Kautsar Bandarlampung memiliki program dan fasilitas yang berbeda-beda berdasarkan tujuan dibentuknya kelas tersebut, sehingga aspek yang ditekankan di masing-masing kelas berbeda. Kelas unggul lebih menekankan pada aspek prestasi, kelas plus lebih menekankan pada aspek biaya, sedangkan kelas reguler tidak menekankan pada kedua aspek tersebut. Selain itu, program klasifikasi kelas ini hanya dijadikan alat bagi sekolah untuk memperoleh keuntungan, sedangkan kualitas dari program yang diterapkan tidak menjamin lulusan SMA Al-Kautsar dalam serapan di perguruan tinggi dan dunia kerja.

References

Durlak, Joseph.A dan Emily P.Dupre. 2008. Implementation Matters: A Review of Research on The Influence of Implementation on Program Outcomes and The Factors Affecting Implementation. Dalam Am J Community Psychol Vol 41: 327-350.

Freire, Paulo. 2007. Politik Pendidikan (Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jabar, Cepi Safruddin Abd. 2011. Pencapaian Keunggulan pada SMA Negeri dan Swasta Berkategori Unggul di Kota Bandung (Studi Pencapaian Keunggulan Pendidikan pada SMA Negeri 3 Bandung, SMAK 1 BPK PENABUR, dan SMAT Krida Nusantara). Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.12.Hal 86-92

Section
Articles