REPRESENTASI KEKERASAN SIMBOLIK PADA TUBUH PEREMPUAN DALAM MEDIA MASSA ONLINE KHUSUS PEREMPUAN (Studi Kasus Pada Rubrik Fashion Dan Beauty Website Wolipop)

  • Nurhayati Hasnah Jurusan Sosiologi Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Habitus Is Dominant, The Symbolic Violence, Representation Of The Female Body

Abstract

Masalah penelitian meliputi (1) Bagaimanakah representasi tubuh perempuan dalam rubrik fashion dan beauty webesite Wolipop? (2) Bagaimanakah habitus dominan yang terdapat dalam rubrik fashion dan beauty website Wolipop? (3) Bagaimanakah kekerasan simbolik pada tubuh perempuan dalam rubrik fashion dan beauty webesite Wolipop? Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil analisis teks dan gambar pada artikel rubrik fashion dan beauty website Wolipop menunjukkan adanya beberapa representasi tubuh perempuan. Representasi tubuh yang pertama bentuk dan ukuran tubuh yakni tubuh kurus atau ramping, tubuh seksi, dan tubuh sehat, representasi tubuh yang ke dua pentingnya merawat tubuh dan penampilan bagi perempuan, dan representasi tubuh yang ke tiga tubuh sebagai cermin identitas sosial. (2) Habitus dominan yang terdapat dalam rubrik fashion dan beauty website Wolipop lebih banyak menunjukkan habitus kelas sosial atas. (3) Kekerasan simbolik pada tubuh perempuan terlihat pada teks dan gambar dalam rubrik fashion dan beauty website Wolipop dengan menempatkan tubuh perempuan sebagai modal (body capital) pada representasi melahirkan kesenjangan bias dari kelas sosial atas dan budaya barat.

References

Barker, Chris. 2005. Cultural Studies. Terjemahan Nurhadi. Yogyakarta:Kreasi Wacana.

Burton, Graeme. 2008. Yang Tersembunyi Dibalik Media Pengantar Kepada Kajian Media. Yogyakarta:Jalasutra.

Eriyanto. 2006. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogjakarta:Lkis

Fashri, Fauzi. 2007. Penyingkapan Kuasa Simbol: Apropriasi Refleksi PemikiranPierre Bourdieu. Yogyakarta: Juxtapose.

Haryatmoko. 2003. Menyikap Kepalsuan Budaya Penguasa. Yogyakarta: Kanisius

Hollows, Joanne. 2010. Feminisme, Feminitas & Budaya Populer. Terjemahan Bethari Anissa I. Yogyakarta:Jalasutra.

Jenkins, Richard. 2013. Membaca Pikiran Pierre Bourdieu. Terjemahan Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Kompas, 2014. Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia.Http://Tekno.Kompas.Com/Read/2014/11/24/07430087/Pengguna.Internet.Indonesia.Nomor.Enam.Dunia (2 Feb 2015).

Lee, Martyn J. 2006. Budaya Konsumen Terlahir Kembali: Arah Baru Modernitas Dalam Kaian Modal Konsumsi dan Kebudayaan. Terjemahan Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Martono, Nanang. 2012. Kekerasan Simbolik Di Sekolah: Sebuah Ide Sosiologi Pendidikan Pierre Bourdieu. Jakarta: Rajawali Pers.

Muashomah. 2010. Analisis Labelling Perempuan Dengan Teori Feminisme Psikoanalisis Studi Kasus Majalah Remaja OLGA!. Dalam KOMUNITAS. Vol.2, No 2. Hal 79-90.

Raditya, Ardhie, M.A. 2014. Sosiologi Tubuh. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Section
Articles