ANALISIS REPRESENTASI SALINGTEMAS BUKU AJAR BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI SEKOTA SEMARANG

  • Dian - Pratiwi Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Lisdiana - - Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Wulan - Christijanti Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Keywords: biology textbook, BSNP, salingtemas

Abstract

The purpose  of this study was  to identify the ‘salingtemas’ representativeness (integration of science,environment, technology and community) of biology textbooks grade XI  and their compatibility with the textbook assessment instrument developed by BSNP  (national board for educational standard). The study used quantitave approaches for content analysis. Sample was collected by a purposive sampling technique, obtaining two biology textbooks published by ESIS (textbook 1), and by Erlangga (textbook 2). Data were analyzed  by descriptive statistic methods. The results showed that ‘salingtemas’ representativeness level of  the textbook 1 and 2, of both their core and practice materials,  were  48,33% and 48,135%,  under middle criteria. The compatibility of their content, language, and presentation of the biology textbooks grade XI with the  texbook assessment instrument from BSNP was as follows, textbook 1 was 86,21% and textbook 2 was 89,09%  under highly compatible criteria. On the other hand ‘salingtemas’ representativeness  of  the biology textbooks was under middle criteria (quitely represented) and their compatibility with the assessment instrument of the textbook from BSNP was high (higly compatible).

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat representasi salingtemas pada buku ajar biologi kelas XI serta kesesuaian buku ajar biologi kelas XI dengan instrumen penilaian buku teks pelajaran dari BSNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode content analysis. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh dua buah buku ajar yaitu buku biologi terbitan ESIS (buku ajar 1), dan buku biologi terbitan Erlangga (buku ajar 2).  Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat  representasi salingtemas dalam substansi materi dan latihan pada buku ajar 1 sebesar 48,33%; buku ajar 2 sebesar 48,135% dengan kriteria sedang. Kesesuaian isi, bahasa, penyajian dengan instrumen penilaian buku teks pelajaran dari BSNP dalam buku ajar 1 sebesar 86,21%; buku ajar 2 sebesar 89,09% dengan kriteria sangat sesuai. Kesimpulan penelitian ini menunjukan tingkat representasi salingtemas dalam substansi materi dan latihan pada buku ajar biologi kelas XI adalah sedang, dan kesesuaian isi, bahasa, penyajian buku ajar biologi kelas XI dengan instrumen penilaian buku teks pelajaran dari BSNP adalah sangat sesuai.

Author Biographies

Dian - Pratiwi, Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Lisdiana - -, Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Wulan - Christijanti, Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Chabalengula, V.M., Frackson, M. 2008. Curriculum and instructional validity of scientific literacy themes covered in Zambian high school biology curriculum. International Journal of Environmental and Science Education. 3(4): 207-220

Chiappetta, E.L., Fillman, D.A, & Sethna, G.J. 2007. Analysis of five high school biology textbooks used in the united states for inclusion of the nature science. Journal of reserch in science. 29(15): 1847-1868.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

.2005. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kahveci, A. 2009. Quantitative analysis of science and chemistry textbooks for indicator of reform a complementary perspective. International Journal of Science Education. 32(11): 1495-1519

Margono, N.C. 2010. Analisis kesesuaian materi dan penyajian buku ajar SMP kelas VIII di kabupaten Brebes terhadap prinsip-prinsip pembelajaran matematika. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang

Muslich, M. 2010. Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Ar-ruzz Media, Yogyakarta

Purjiyanta E. 2007. Analisis representasi konsep dalam teknologi pada buku IPA kelas VII dengan menggunakan analisis SWOT. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang

Setiawan, A. 2010. Analisis representasi konsep dalam teknologi pada buku fisika kelas X dengan menggunakan analisis SWOT. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang

Sudjana. 2005. Metoda Statistika.Tarsito, Bandung

Winarni, D.S. 2010. Analisis kesesuaian buku ajar biologi SMA kelas X yang digunakan SMA Negeri di kota Semarang dengan standar BSNP. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang

Yusuf S. 2008. Analisis buku ajar sains berdasarkan literasi ilmiah sebagai dasar untuk memilih buku ajar sains fisika. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang

Section
Articles