Penerapan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA
Abstract
Abstrak : Telah dilakukan penelitian yang menerapkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing (Guided inquiry) pada 30 siswa dengan desain one group pretest- posttest. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan hasil : (a) keterlaksanaan pembelajaran baik (3,6); (b) Frekuensi aktivitas yang menonjol adalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa (c) respon siswa positif (82); (d) kemampuan berpikir kritis siswa meningkat (N-gain; 0,76 dengan kriteria tinggi). Simpulan penelitian ini, bahwa penerapan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing (Guided inquiry) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
References
Ambarsari, W. Santosa, S. dan Maridi.(2012). “Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap ketrampilanproses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Surakartaâ€. Jurnal pendidikan biologi Universitas Sebelas Maret.Vol.5 No. 1, pp. 81-95.
Arends, R. (1997). Learnig to Teach: Fifth Edition. New York: Mcmilan Publishing Company.
Ariesta, R. (2011). “Pengembangan perangkat perkuliahan kegiatan laboratorium fisika dasar II berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kerja ilmiah mahasiswaâ€. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI). No.1 Vol.7, pp. 62-68.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Gerald, F. L. (2011). “The twin purposes of guided inquiry: guiding student inquiry and evidence
Gronlund, N.T. (1995). Menyusun Tes Hasil Belajar. Diterjemahkan oleh Bistok Sirait. Semarang: IKIP Semarang Press.
Grant, H. (2011). “The student experience in traditional and inquiry based chemistry labsâ€. (PDF). Retrieved April 30, (2014) from Montana State University Library.
Jacobsen, D.A., Eggen, P., dan Kauchak, P. (2009). Methods for Teaching (Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA) Edisi ke-8. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Kardi, S. (2012). Pengantarpengembangan kurikulum dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Surabaya: Unesa Program Pascasarjana.
Khan, M. S. Hussain, A.R. Majoka, M. I. andRamzan, M. (2011).“Effect of inquiry method on achievement of students in chemistry at secondary levelâ€.International journal of academic research.Vol.3 No.1, pp. 955-959.
Kristanto, A. 2011. Penerapan model inkuiri dalam pembelajaran fisika sebagai upaya melatihkan kecakapan akademik siswa. Tesis. Universitas Negeri Surabaya.
Kuhlthau, C.C. (2010). “Guided inquiryâ€.School libraries worldwide. Vol.16 No. 1, pp. 17-28.
National Research Council. (2011). Inkuiri dan standar-standar pendidikan sains nasional sebuah panduan untuk pengajaran dan pembelajaran. Washington DC: National Academy Press.
Nur, M. (2013). Panduan Mini untuk Berpikir Kritis, konsep-konsep dan sarana-saranaâ€. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.
Nuh, M. (2013). Wawancara dengan mendikbud Terkait kurikulum 2013. http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/wawancara-mendikbud-kurikulum-2013.
Opara, J. A and Oguzor, N. S. (2011). “Inquiry instructional method and the school science currÃculumâ€. Current research journal of social sciences. Vol.3 No.3, pp. 188 – 198.
Ratumanan, T.G. dan Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan edisi 2. Surabaya : UNESA Universty Press.
Rust, P. 2011. The Effects of Inquiry Instruction on Problem Solving and Conceptual Knowledge in a ninth grade physics class. (PDF). Retrieved April 3, (2014) from Montana State University Library.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R.E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi ke-9. Jakarta: Indeks.
Supartono. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Journal Ilmiah Managemen Pendidikan, vol 4, No 2 (Juli 2010) http://journal.unnes.ac.id. Diakses 14 april 2016.
Toharuddin, U., Hendrawati, S., dan Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.