ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI SMA DI KOTA SEMARANG DAN PEMECAHANNYA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

  • Sinta Ayuningrum Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Endah Peniati Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Learning Assesement, Obstacle, Curriculum 2013, Learning Implementation, Learning Plan

Abstract

Hasil observasi awal di sekolah yang telah mengimplementasikan Kurikulum 2013 di kota Semarang menunjukkan guru Biologi SMA mengalami hambatan pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013. Tujuan penelitian untuk menganalisis hambatan dan mendeskripsikan upaya pemecahan hambatan guru Biologi SMA di kota Semarang dalam implementasi Kurikulum 2013. Metode penelitian adalah kualitatif yang dilaksanakan di SMA N 2, SMA N 5, SMA N 13, SMA Kesatrian 1, dan SMA Kesatrian 2 kota Semarang pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Sumber data pada penelitian ini adalah guru Biologi SMA kelas X, siswa kelas X, dan dokumen RPP. Data tentang hambatan guru Biologi SMA dalam perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013 diperoleh dengan menggunakan angket guru dan dokumen RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Hambatan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran diperoleh dengan menggunakan angket guru dan angket siswa. Pedoman wawancara digunakan sebagai data tambahan tanggapan guru BiologiSMA terhadap implementasi Kurikulum 2013. Hasil penelitian berupa hambatan guru pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran kualitas RPP guru tergolong sangat baik dan hambatan guru dalam menyusun RPP tergolong rendah. Pada pelaksanaan pembelajaran tergolong hambatan sedang dan tanggapan siswa terhadap implementasi Kurikulum 2013 tergolong baik. Pada evaluasi pembelajaran tergolong dalam hambatan rendah dan tanggapan siswa terhadap implementasi Kurikulum 2013 tergolong sangat baik.

 

Result of preliminary observations in schools which have implemented Curriculum 2013 at Semarang showed that highschool Biology teachers have obstacles in Curriculum 2013 learning plan, learning implementation, and learning assesement. This study aims to analyze and describe obstacles to a solutions of Semarang senior high school Biology teachers in implementing the Curriculum 2013. This research was done by qualitative method, with research sites in SMA N 2, SMA N 5, SMA N 13, SMA Kesatrian 1, and SMA Kesatrian 2 Semarang of the school year 2014/2015 odd semester. This research data sources were X grade Biology teachers, X grade students, and lesson plan documents. Data about obstacles of X grade Biology teachers in learning plan was measured using teacher questionnaire, student questionnaire, and lesson plan documents. Data about obstacles of X grade Biology teachers in learning implementation and learning assesement was measured using teacher questionnaire and student questionnaire. Interview guidance is used as secondary data of X grade Biology teachers implementing Curriculum 2013 perception. The result of the learning plan showed that teachers’ lesson plan quality was very good and teacher obstacles of learning plan was in low criteria. Learning implementation obstacles was in intermediate criteria and students perception in implementing Curriculum 2013 was in good criteria. The result of the learning assessment showed that the obstacles was in low criteria and students perception was in very good criteria

References

Asriati N. 2009. Implementasi KTSP danKendalanya (AntaraHarapandanKenyataan).JurnalVisiIlmuPendidikan 3 (2):243-256.

Hussain A,AH Dogar, M Azeem& A Shakoor. 2011. Evaluation of Curriculum Development Process. International Journal of Humanities and Social Science 1 (14):263-271.

Johnson JA. 2011. Principles of Effective Change: Curriculum Revision that Works. The journal of Research for Educational Leaders 1 (1):5-18.

Miles BM & AM Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-MetodeBaru. TerjemahanTjetjepRohendiRohidi. Jakarta: UI Press.

Nurhayati. 2013. PemberdayaanE-Learningsebagai Media Pembelajaran Ramah Lingkungan. JurnalSaintech 5 (1):50-57.

[Permendikbud] Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2013c. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

______2013a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Subarnia IDP, P Artawan& S Wahyuni. 2014. AnalisisKebutuhan Tata LaksanaLaboratorium IPA SMP di KabupatenBuleleng. Jurnal Pendidikan Indonesia 3 (2):446-459.

Suharno. 2014. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanisty 10 (1):147-157.

Supriadi D. 2004. Membangun Bangsa melalui Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2016-08-31
Section
Articles