EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Tutorial Berbantuan Kuis Interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design. Rancangan penelitian menggunakan pola pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pamotan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dan didapatkan sampel kelas XI IPA-1 dan XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Hasil perhitungan N-gain pada kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-3, menunjukkan > 85 siswa mencapai N-gain > 0,3 dengan kriteia sedang sampai tinggi, dan > 85% siswa hasil belajarnya mencapai nilai >80. Hasil analisis korelasi diketahui bahwa pada kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-3 rhitung > rtabel, maka terdapat hubungan antara N-gain dan nilai posttest siswa dengan kriteria hubungan sangat kuat. Hasil analisis aspek afektif dan psikomotorik siswa kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-3 termasuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tutorial berbantuan kuis interaktif efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Pamotan.
Â
This study aims to determine the effectiveness of the Model Learning Tutorial Assisted Interactive Quiz to improve student learning outcomes in the matter of human motion system. This research is a quasi-experimental design. The study design using pretest posttest design.Populasi pattern in this study dalah XI IPA SMAN 1 Pamotan. Sampling using purposive sampling and obtained samples of grade XI-1 and XI-3 as the experimental class. Data collected by the test method, and questionnaire. The results showed that the learning outcome of students grade XI-1 and XI IPA-3,> 85 students reach the N-gain> 0.3 with kriteia moderate to high, and> 85% of students study result reached a value> 80. Based on the results of this study concluded that the Learning Model Berbantan Quiz Interactive Tutorial effectively to improve student learning outcomes in the matter of human motion systemThis study aims to determine the effectiveness of the Model Learning Tutorial Assisted Interactive Quiz to improve student learning outcomes in the matter of human motion system. This research is a quasi-experimental design. The study design using pretest posttest design.Populasi pattern in this study dalah XI IPA SMAN 1 Pamotan. Sampling using purposive sampling and obtained samples of grade XI-1 and XI-3 as the experimental class. Data collected by the test method, and questionnaire. The results showed that the learning outcome of students grade XI-1 and XI IPA-3,> 85 students reach the N-gain> 0.3 with kriteia moderate to high, and> 85% of students study result reached a value> 80. Based on the results of this study concluded that the Learning Model Berbantan Quiz Interactive Tutorial effectively to improve student learning outcomes in the matter of human motion system
References
Abdilah Y.A. 2013. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Komputer Model Tutorial dengan Media Visual Novel terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hernawati K. 2009. Membuat Quis/Evaluasi dengan Wondershare Quiz Creator. On line at http:// staff.uny.ac.id/sites/default/kuswarihernawati-ssimkom/modulwondershare.pdf. [diakses tanggal 23 Februari 2015].
Maskuri. 2013. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Computer Assisten Instruction Pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi, program studi pendidikan Geografi, IKIP Veteran Semarang.
Mulyasa E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Risqiyah H. 2011. Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis. Online. Wondershare Quiz Creator untuk Kemahiran Qira'ah dan Kitabah Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah. On line at http://karyailmiah.um.ic.id/ind ex. Php/sastra arab/article/- view/1307. [diakses tanggal 05 Juni 2015].
Sari P.M, dan S.wahyubi. 2012. Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creutor Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa. Program Studi FKIP UNEJ.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Ramaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherman Y. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran bagi ABK. Makalah Disajikan pada Diklat Profesi Guru PLB Wilayah X Jawa Barat Bumi Makmur. Lembang Bandung.
Susanto. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Mata Pelajaran Memelihara Sistem AC Mobil Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Bandung: UPI.
Warsita B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.