EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN METODE GALLERY WALK PADA PEMBELAJARAN MATERI SEL DI SMA
Abstract
Pokok bahasan sel merupakan materi dasar dalam pembelajaran biologi untuk menunjang materi selanjutnya .Tingkat penguasaan materi yang baik oleh siswa dapat ditunjang melalui model pembelajaran aktif. Salah satu model pembelajaran yang dapat menunjang keaktifan serta interaksi siswa di dalam kelas yaitu pembelajaran berbasis proyek dengan metode gallery walk.. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dengan metode gallery walk pada pembelajaran materi sel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (pre-experimental design) yang  menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Populasi dalam  penelitian ini adalah kelas XI MA Al irsyad Gajah demak yang terdiri dari 2 kelas, penentuan sampel dari penelitian ini diambil dari seluruh populasi yang ada dikarenakan keterbatasan sampel yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata diatas KKM (≥80) pada kedua kelas yaitu sebesar 86.38 pada kelas XI IPA 1 dan 84.85 pada kelas XI IPA 2. Hasil uji  N-gain menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa memperoleh nilai N-gain pada kategori sedang dan tinggi. Hasil penilaian aktifitas siswa menunjukkan tingkat keaktifan yang tinggi yaitu lebih dari 70% siswa aktif selama pembelajaran berlangsung yang mencakup 5 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan metode gallery walk efektif untuk membelajarkan materi sel di kelas XI MA Plus keterampilan Al Irsyad Gajah Demak.
Â
The subject matter of cell is the basic material in Biology learning to support the further material. The mastery level of the material can be supported by the students through active learning model. One model of learning that can support the activity and interaction of students in the classroom is project-based learning with a gallery walk methods. This study aimed to test the effectiveness of project-based learning model with a gallery walk method Pre-experimental design was carried out in the design of one-group pretest-posttest. Two classes of eleventh grade students of MA AL Irsyad Gajah Demak were employed as the population of this study. The data was collected through test, observation, and questionnaire as the instrument.Students’ learning result indicated the average score in two classes were above KKM (≥80) that is 86.38 on the class XI IPA 1 and 84.85 on the XI IPA 2. N-gain test result showed that over 75% students were on the medium and high categories. Students’ activity assessment result indicate high level of activity that is over 70% students active during the learning process that consist of 5 meetings. Based on the results of this research, it can concluded that the project-based learning with a gallery walk- method is effective to be applied to the cell material in class XI MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah DemakReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S & Cepi, S.A.J. 2008. Evaluasi Program Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Bumi Aksara.
Asmani, J.M. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.
Badriyah, L. 2007. Aplikasi Teori Multiple Intelligences Dengan Pendekatan Kooperatif Dan Proyek Terbuka Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Vii B Smp Al-Munawwariyah Sudimoro Bululawang Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Malang.
Bell, S. 2010. Project Based Learning for the 21st Century: Skills for the future. The Clearing House, 83(1): 39-43
Bowman, S.L. 2005. The Gallery Walk: An Opening, Closing, and Review Activity. Online. Tersedia di http://www.Bowperson.com. (diakses 12-04-2015)
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Asyik Belajar Dengan PAIKEM: IPA. Jakarta: Ditjen Dikdasmen
Dirmansyah, Y. 2005. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Mempelajari Akuntansi. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Gardner, H. 2013. Multiple Intelligences. Alih bahasa: Yelvi Andri Zaimur. Jakarta: Daras books.
Ghufron, M. 2011. Implementasi metode gallery walk dan small Group discussion dalam meningkatkan Efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam kelas viii e di smp negeri 1 Banyuanyar Probolinggo. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Grant, M.M & S. Tamam. 2013. Definitions and Uses: Case Study of Teachers Implementing Project Based Learning. Interdisclipinary Journal of Problem Based Learning, 7(2): 72-79.
Hill, W.F. 2010. Theories of Learning. Alih bahasa: M.Khozim. Bandung: Nusa Media
Musyfika, Y. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadaphasil Belajar Biologi Dan Aktivitas Siswa SMA Negeri 3 Bondowoso. Skripsi. Jember: Universitas Jember
Rofi’ati, L, Lina, H, & Sumadi. 2014. Penerapan model Pencapaian Konsep Berbantu Kartu bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel di SMA. Unnes Journal Of Biology Education. 3(2), 69-70.
Rustaman, N. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI
Sari, E.R., Andreas, P.B.P, & Nur, R.U. 2014. Pembelajaran Remidial Menggunakan Analogi Pada Materi Mekanisme Transpor Sel. Unnes Journal Of Biology education. 3(2), 23-25.
Sari, L.P. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Gallery Of Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Kelas X MA Ibnul Qoyyim Putri Pada Pembelajaran Kimia. Skripsi. Jogjakarta. UIN Sunan Kalijaga
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Yalcin, S.A., Turgut, U & Buyukkasap, E. 2009. The Effect of Project Based Learning on Science Undergraduates Learning of Electricity, Attitude towards Physicsand Scientific Process Skills. International Online Journal of Educational Sciences, 1(1): 81-105
Zaini. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Media Abadi.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.