EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DIPADU DENGAN MEDIA PUZZLE EDUCATION PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA
Abstract
Penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5E Dipadu dengan Media Puzzle Education Pada Materi Sistem Gerak Manusia diharapkan mampu untuk mengatasi permasalahan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Learning Cycle 5E dipadu dengan media Puzzle Education pada materi Sistem Gerak Manusia di SMA N 1 Godong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental dengan desain one shot case study. Populasi diambil dari peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Godong Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 4 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa hasil belajar peserta didik ranah kognitif dianalisis dengan metode tes, ranah afektif dan psikomotor dengan observasi dan tanggapan peserta didik dan guru menggunakan angket. Data-data tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa mencapai KKM pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Peserta didik yang mencapai KKM pada ranah kognitif sebesar 84,90% afektif 85,24% dan psikomotor 100%. Pada tanggapan peserta didik dan guru memperoleh tanggapan yang baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E dipadu dengan media Puzzle Education pada materi Sistem Gerak Manusia efektif diterapkan di SMA N 1 Godong
Â
Application of 5E Learning Cycle Combined with Puzzle Education In Human skeletal Systems will be able to solve the low learning result of student problem. The purpose of this research was to analyse effectiveness of the application of 5E Learning Cycle combined with Puzzle Education on Human skeletal System at SMA N 1 Godong. The method used in this research is a pre-experimental design with one shot case study. The population of this research used all the grade XI SMA Negeri 1 Godong academic year 2014/2015. Samples were grade XI MIPA 2 and XI MIPA 4 students collected by purposive sampling technique. The research data is cognitive learning outcomes was analyzed by test method, affective and psychomotor with observation, students and teachers response using a questionnaire. These data were analyzed descriptively. The results showed that more than 75% of students achieve the KKM learning outcomes of cognitive, affective, and psychomotor. Students that achieve KKM on cognitive learning outcome amounted 84.90%, affective amounted 85.24% and psychomotor amounted 100%. The students and teachers response got a good response. Based on the results of the study can be concluded that the 5E Learning Cycle combined with Puzzle Education on Human skeletal System effectively implemented in SMA N 1 Godong.References
Aggul Y, Fatma &Samih BC. 2010. The Effect of 5E Learning Model on Pre-Service Science Teachers’ Achievement of Acid-Based Subject. International Online Journal of Education Sciences 2(2):508-531.
Darso. 2011. Kesiapan Belajar Siswa dan Interaksi Belajar Mengajar terhadap Prestasi Belajar. INVOTEC,Vol. VII, No. 2, Agustus 2011: 145-160.
Kulsum U dan N. Hindarto. 2011. Penerapan Model Learning Cycle Pada Sub pokok bahasan Kalor Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7:128-133.
Pramudiani H, Tuti W, Endah P. 2014. Penerapan Pendekatan Accelerated Learning Disertai Media Puzzle Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Semarang. Unnes Journal of Biology Education 3 (2):3-4.
Rizki, U.Y. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar dengan Optimisme Mengerjakan Ujian. Educational Psychology Journal (EPJ), Vol. 1 No.2 2013.
Setyarsono, E.F. 2012. Pengaruh Sumber Belajar Otentik dalam Field Trip di Pantai Teluk Awur terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekosistem. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sudarsa, I Made, I Wayan, K., & I Nyoman, T. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan LKPD Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan IPA, 3: 1-13.
Zulhelmi. 2009. Penilaian Psikomotor dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Sains Fisika Melalui Penerapan Penemuan Terbimbing di Smp Negeri 20 Prkanbaru. Jurnal Geliga Sains 3 (2).
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.