PENGEMBANGAN MEDIA COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF BERORIENTASI KONSTRUKTIVISME PADA MATA KULIAH ANATOMI TUMBUHAN UNTUK PERKULIAHAN DI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Anatomi Tumbuhan merupakan kelompok mata kuliah keilmuan dan keterampilan (MKK , dimana pada mata kuliah ini membahas tentang sel, jaringan dan organ penyusun tumbuhan tingkat tinggi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada materi anatomi tumbuhan, hampir semua materi sulit dipahami mahasiswa karena mata kuliah ini meliputi struktur dalam yang tidak bisa diamati secara langsung dan juga tidak bisa divisualisasikan secara utuh karena keterbatasan media pembelajaran. Hal ini mengkibatkan sebagian besar mahasiswa menganggap materi tersebut abstrak dan sulit untuk mengkonstruk pengetahuannya walaupun sudah menggunakan OHP atau slide proyektor. Masing-masing media pembelajaran memiliki keunggulan dan kelemahan yang memerlukan kombinasi berbagai media agar kelemahannya dapat diminimalkan. Mengacu pada Standar Kompetensi Pendidik baik akademik maupun pedagogik maka media pembelajaran dicoba untuk dikembangkan yang mana diharapkan dapat membantu membina calon pendidik biologi professional khususnya di bidang anatomi tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran compact disc interaktif berorentasi konstruktivisme pada mata kuliah anatomi tumbuhan yang valid. Hasil Validasi menunjukkan bahwa CD interaktif berorientasi konstruktivisme sangat valid, dengan Rerata validasi 3,63.
Â
Anatomy Plant is a group of knowledge subject and skill (MKK, which on this lecture discusses the cells, tissues and organs arranging higher plants. Based on the results of interviews conducted on the material of plant anatomy, most of the materials are difficult to understand by students because this material includes anatomy structure in which can’t be directly observed, and also can’t be visualized as a whole because of the limitation of learning media. This causes most of students consider that such material is abstract and difficult to  construct the knowledge although using overhead or slide projector. Each of learning media has advantages and disadvantages that require a combination of different media to make weaknesses minimal. Referring to the Competency Standards of Educator both academic and pedagogic so that learning media is tried to develop which hopely can help to foster candidate of proffessional biology educator especially in plant anatomy field. The purpose of this study is to produce a learning media of interactive compact disc (CD)-constructivism oriented on plant anatomy that is valid. Validation results show that interactive CD- constructivism oriented is very valid, with a mean of validation 3,63.References
Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya : Bandung.
Nerita, S. 2011. Pengembangan Media Compact Disc (CD) Interaktif Berorientasi Konstruktivisme Pada Materi Fertilisasi Untuk Perkuliahan di perguruan Tinggi.
Prayitno, Elida dan Erlamsya. 2002. Psikologi Orang Dewasa. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Penelitian Pemula, Bandung: Alfabela.
Sanjaya, W. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajara. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar nasional Pascasarjana X-ITS. Surabaya 4 Agustus 2010. (Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas.pdf), diakses 16 Oktober 2010.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.