PENGGUNAAN VIDEO VISUAL LINGKUNGAN PESISIR INDRAMAYU DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PERUBAHAN IKLIM PADA SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan usaha kreatif dalam pembelajaran sains IPA Biologi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persentase penguasaan konsep perubahan iklim siswa menggunakan video visual lingkungan pesisir Indramayu dengan pendekatan contextual teaching and learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasiexperiment dengan pola nonequivalent control group design. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-tes dan pos-tes instrumen penguasaan konsep. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lelea Indramayu. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas VII-A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII-Bsebagai kelompok kontrol. Penelitian ini pada kelas eksperimen menggunakan video visual lingkungan pesisir Indramayu dengan pendekatan contextual teaching and learning pada konsep perubahan iklim, dan pembelajaran konvensional pada konsep perubahan iklim pada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan pengolahan data manual dilakukan menggunakan Microsoft-Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran konsep menggunakan video visual lingkungan pesisir Indramayu dengan pendekatan contextual teaching and learningterhadap penguasaan konsep perubahan iklim siswa memiliki persentasi yang lebih tinggi yaitu skor penguasaan konsep pada post tes sebesar 61, 6%, sedangkan N-gain penguasaan konsep perubahan iklim sebesar 42,3%. Perbedaan persentasi penguasaan konsep perubahan iklim siswa kelas eksperimen yang lebih baik dikarenakan oleh pemilihan penggunaan media disertakan pendekatan yang sesuai diterapkan dengan materi pelajaran.
This study is a creative effort in learning science Science Biology. Our objective was to determine differences in the percentage of students' mastery of the concept of climate change using a visual video Indramayu coastal environment with contextual teaching and learning approach. The method used is a quasi experiment with pattern nonequivalent control group. Data were obtained from the pre-test and post-test instrument mastery of concepts. The study population was the seventh grade students of SMP Negeri 3 Lelea Indramayu. The sampling is done by cluster random sampling technique that is class VII-A as the experimental group and class VII-B as a control group. This research on experimental class using visual video Indramayu coastal environment with contextual teaching and learning approach to the concept of climate change, and conventional learning on the concept of climate change in the control class. Hypothesis testing is done by manual data processing is done using Microsoft-Excel 2010. The results showed that the learning concepts using visual video Indramayu coastal environment with contextual teaching and learning approach for students' mastery of the concept of climate change has a higher percentage that is balanced mastery of concepts in post test by 61, 6%, while the N-gain mastery of the concept of climate change of 42.3%. Differences in percentage of mastery of the concept of climate change experimental class students are better due to the use of selection included media appropriate approach is applied to the subject matter.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.