PERMAINAN PICOCA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP

  • Silvia Nurbaiti Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Tyas Agung Pribadi Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Pramesti Dewi Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Game, Life organization, Picoca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan permainan Pictorial Concept Card  (PICOCA) sebagai media pembelajaran materi organisasi kehidupan terhadap aktivitas, motivasi belajar, kerjasama kelompok dan hasil belajar siswa kelas imersi di SMP 1 weleri. Penelitian ini termasuk tru-eksperimental  dengan rancangan post-test design. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen berbeda signifikan dari hasil belajar kelas kontrol dan rata-rata aktivitas, kerjasama dan motivasi siswa mecapai 80% kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media permainan PICOCA berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan berpengaruh sangat tinggi terhadap aktivitas, kerjasama dan motivasi siswa pada materi organisasi kehidupan kelas imersi di SMP 1 Weleri.

 

The study aimed to determine the effectiveness of Picoca Concept Card (PICOCA) game as learning medium  on Lift Organization learning material in terms of  students’ activities and motivation, as well as teamwork and learning achievements  from immersion classes of students  at Yunior Highschool  SMP 1 Weleri, Central Java. The study was a true experiment followed by post-tests. Data were collected through observation, questionnaire, and written tests. Results showed that the mean of the student’s  achievements of the experimental class was significantly higher than that of the control class. And the student’s activity, motivation and teamwork in the experimental class were scored at 80% or categorized as “very high”. It was concluded that PICOCA game had  significant effect on the student’s achievements, and strongly influenced the student’s activity, motivation and teamwork in learning the living organization of immersion classes in SMP 1 Weleri.

 

References

Budikarianto SJ. 2003. Permainan Kartu Quartet Sebagai Model Kegiatan Berbicara dalam Bahasa Inggris. Makalah disampaikan pada simposium guru ke VI. Batu Malang 13 17 Oktober 2003

DiCarlo ES. 2008. Eduacational card games for understanding gasrtrointestinal physiology. Advences in Physiology Education 20 (1): 578-584.

Eyster T. 2010. Playing Games in Class A beginners guide for Higher Education. On line at www.BibMe.org [accessed 21 Juli 2012]

Hapsari R. 2008. Penerapan Metode Quantum Teeaching disertai Kartu Gambar pada Sub Konsep Klasifikasi Hewan terhadap hasil belajar (Skripsi). Semarang: UNNES.

Untari. 2011. Hubungan antara Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar,dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi IPS SMA Negeri I Cawas Klaten Tahun Ajaran 2009/2010 (skripsi). Yogyakarta: UNY

Wijanarko RA. 2011. Pemanfaatan kartu pembelajaran biologi dan students product pada materi sistem pernafasan manusia kelas VIII (skripsi). Semarang: UNNES

Published
2012-12-05
Section
Articles