EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN LKS KETERAMPILAN PROSES SAINS UJI KARBON DIOKSIDA MATERI SISTEM PERNAPASAN

  • Titik Widayanti Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Nur Rahayu Utami Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Keywords: Science process skill, Worksheet, Respiration system

Abstract

Abstract

___________________________________________________________________This research has aim to develop and know the effectiveness of student worksheet based on science process skill of carbon dioxide experiment of respiration system. The research was done in the Biology Department FMIPA Semarang State University and SMA N 1 Pati using research planning Research and Development (R&D). Sample of the experiment product use was taken by cluster random sampling method with research design posttest-only control design. The evaluation result of the expert toward student worksheet skill of carbon dioxide respiration system show that student worksheet of the development research is appropriate to be used in learning process with percentage 76.33%. The result of the experiment use show that learning result in the experiment class was proven real higher than control class and the average science process skill of experiment class was really high with the percentage 93%. Based on the research, development of student worksheet in skill of carbon dioxide experiment science process of respiration system is proper to be used in learning process

 

 

 

Abstrak

___________________________________________________________________

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui efektifitas LKS keterampilan proses sains uji karbon dioksida materi sistem pernapasan. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang dan SMA N 1 Pati dengan rancangan penelitian Research and Developmen (R&D). Sampel uji coba pemakaian produk diambil dengan metode cluster random sampling dengan desain penelitian posttest-only control design. Hasil penilaian ahli terhadap LKS keterampilan proses sains uji karbon dioksida materi sistem pernapasan menunjukkan bahwa LKS hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase kelayakan 76,33%. Hasil uji coba pemakaian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen terbukti nyata lebih tinggi dari kelas kontrol dan rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen tergolong sangat tinggi dengan persentase 93%. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKS keterampilan proses sains uji karbon dioksida materi sistem pernapasan yang efektif digunakan dalam pembelajaran.

Author Biographies

Titik Widayanti, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Nur Rahayu Utami, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Airlanda GS & S Sudarisman. 2011. Festival Sains dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Dalam: Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya Menuju Pembangunan Karakter. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi, Surakarta, 16 Juli 2011. Hal 276-281.

Aktamis H & ŠErgin. 2008. The Effect of Scientific Process Skills Education on Student’s Scientific Creativity, Science Attitudes and Achievements. Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching 9(1):4-21.

Arafah SF, B Priyono, S Ridlo. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education 1(1): 75-81.

Balanay CAS. 2012. Assessment on Student’s Science Process Skills: A Student- Centered Approach. International Journal of Biology Education 3(1):24-44.

[BSNP] Badan Standar Penilaian Nasional. 2013. Penilaian Buku Teks Pelajaran Biologi SMA/MA. Surakarta: Badan Standar Penilaian Nasional.

Chusni MM & Widodo. 2012. Pengembangan LKS Sains Berbasis Kerja Laboratorium untuk Meningkatkan keterampilan proses sains dan Hasil Belajar Siswa SMP Muh Muntilan. Seminar Nasional Sains VIII Fakultas Sains dan MatematikaUKSW, Salatiga, 15 Juni 2013, Hal: 47-57

[Depdiknas] Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Dewi RS. 2011. Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor(Skripsi). Jakarta: Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.

Moran L & T Masciangioli. 2010. Chemical Laboratory Safety and Security. Washinton: The National Academies Press.

Nord NA & J Howard. 2006. School Chemistry Laboratory Safety Guide. Columbia: Departement of Health and Human Service Center for Disease Control and Prevention National Institute for Occupational Safety and Health.

Nurichah EF, E Susantini, Wisanti. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Keanekaragaman Hayati. BioEdu 1(2): 45-49.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumintono B, MA Ibrahim, & FA Phang. 2010. Pengajaran Sains Dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif dari Guru-Guru Sains SMPN di Kota Cimahi. Jurnal Pengajaran MIPA 15 (2):120-127.

Published
2014-12-01
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)