KEEFEKTIFAN MEDIA BAGAN ELEKTRIK RUMIGETRIC DALAM PEMBELAJARAN SUB MATERI SISTEM PENCERNAAN HEWAN RUMINANSIA
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________________________
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan media bagan elektrik Rumigetric dalam pembelajaran sub materi sistem pencernaan hewan ruminanisa. Keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa yang menunjukkan pemahaman siswa serta motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah empat kelas XI IPA SMA Negeri 2 Purbalingga tahun pelajaran 2013/2014. Pemilihan sampel dengan cara purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah One Shoot Case Study. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil diskusi dan tes evaluasi, sedangkan motivasi belajar siswa diperoleh dari angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ketuntasan hasil belajar secara klasikal kelas XI IPA 3 mencapai 96,30% dan kelas XI IPA 4 100%. Motivasi belajar kelas XI IPA 3 adalah 83,15% dan kelas XI IPA 4 87,90%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa media bagan elektrik Rumigetric efektif dalam pembelajaran sub materi sistem pencernaan hewan ruminansia.
Abstract
The goal of this study is to know the effectiveness of Rumigetric electric chart media in ruminant digestive system learning. The effectiveness can known from learning achievement that showed the student comprehension, and student learning motivation. The population in this study are four of XI IPA classes in SMA Negeri 2 Purbalingga 2013/2014 academic year. The sample are chosen by purposive sampling technique, they are XI IPA 3 and XI IPA 4 as experimant classes. the experiment design that used is One Shoot Case Study. Student learning outcome data was obtained from discussion and evaluation test result, whereas the student learning motivation was obtained from motivation quetioner. Analysis of the data used description qualiattive. The result of this study is showed that student learning outcome classically of XI IPA 3 is 96,30% and XI IPA 4 is 100%. Student learning moivation of XI IPA 3 is 83,15% and kelas XI IPA 4 is 87,90%. According to the data analysis and the dicussion, we can conclude that Rumigetric electric chart media is effective to use in ruminant digestive system learningReferences
Anitah, S. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta : Sebelas Maret University Press.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Citra.
Arsyad, A. 2011.Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Bakri, H. 2011. Desain media pembelajaran animasi berbasis adobe flash CS3 pada mata kuliah inasistal listrik 2.J Medtek 3(2).
Handhika, J. 2012. Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar.J Pendidikan IPA Indonesia 1(2):110.
Imran. 2008. Upaya meningkatkan kualitas shalat fardhu siswa dalam pembelajaran agama melalui media berbasis visual. Jurnal Guru 5(1):40-41
Krell, M; Annette U dan Dirk K. 2012.Students’ understanding of the purpose of models in different biological contexts.International Journal of Biology Edication 2(2):1-3
Maisaroh dan Rostrieningsih. 2010. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran active learning tie quiz team pada mata pelajaran keterampilam dasar komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan 8(2):157-172.
Munadi, Y. 2012. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta:Gaung Persada.
Purwanto, N. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwantoko, R.A., Susilo, dan Sutikno. 2010. Keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media puzzle terhadap pemahaman IPA pokok bahasan kalor pada siswa SMP. J Pendidikan Fisika Indonesia 6:123-127.
Rifa’i, A. dan Catharina, T.A. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.
Rohmawati, ED dan Sukanti. 2012. Pengaruh cara belajar dan penggunaan media pembelajaranterhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips sma negeri 2 bantul tahun ajaran 2011/2012. J Pendidikan Akutansi Indonesia 10(2):155
Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., dan Rahardjito. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Siagian, R.E.F, 2013. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif 2(2):122-131.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito.
Sudijono, A. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sukiyasa, K dan Sukoco. 2013. Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. J Pendidikan Vokasi 3(1):126-137.
Vavra, K L; Vera J W, Karen L, Linda M P,Stephen P N dan John M. 2011. Visualization in science education.J ASEJ 41(1):22.
Warman, D. 2013. Hubungan percaya diri siswa dengan hasil belajar geografi kelas XI IPA di SMA N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.(Artikel). Padang: Universitas Negeri Padang.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.