AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Abstract
Abstract
Learning strategy which emphasizes on activities students will results optimal learning. Based on firstly observations in SMA N 3 Pekalongan, learning interactions in the classroom less favorable. It needs a learning strategy that can generate activity and student learning outcomes. Application of Discovery Learning learning strategies paired with a media card is expected to help students in the learning process. This study aims to determine the effect of the application of learning strategies Discovery Learning on the activity and student learning outcomes in the digestive system material. This research is a pre Experimental Design, using a pretest-posttest pattern of one group design, without using a control class. Sampling was done by purposive sampling techniques, taken two of the four classes, XI IPA 1 and XI IPA 4. Activity value obtained through observation while teaching and learning results obtained through an increase in the value of learning outcomes pretest-posttest (N-Gain). The results showed that the application of learning strategies Discovery Learning with media affect the activity of matching cards and student learning outcomes.
Â
Â
Abstrak
Strategi pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa akan memperoleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA N 3 Pekalongan, interaksi pembelajaran dalam kelas relatif belum optimal. Perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat membangkitkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan strategi pembelajaran Discovery Learning disertai media kartu berpasangan diharapkan dapat membantu siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Discovery Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Experimental Design, menggunakan pola Pretest-posttest one group design, tanpa menggunakan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purpossive Sampling, dari empat kelas diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4. Nilai aktivitas diperoleh melalui observasi saat pembelajaran dan hasil belajar diperoleh melalui nilai peningkatan hasil belajar pretest-posttest (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Discovery Learning disertai media kartu berpasangan berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
References
Albab, A.F. 2012. Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Whole Brain Teaching dalam Pembelajaran Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika 1(1) : 1-5
Anggarsani, N.L. 2013. Penerapan Strategi pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 23 Dangin Puri Denpasar (Skripsi).
Ariani, N. 2010. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Minat Dan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang. (Skripsi). Malang: Universitas Negeri Malang
Huda, M. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Istikharoh, L. 2009. Discovery Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. Jurnal UMP 3(2) : 4-9
Kartika, Y. 2010. Penerapan Pendekatan DL Dengan Media Power Point Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gerak Lurus Di Kelas X2 SMA N Pondok Kelapa. (Skripsi)
Meier, D. 2005. The Discovery Learning Handbook. New York: McGraw-Hill.
Muawanah, Y. 2011. Pengaruh Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Termodinamika (Skripsi). Jakarta: UIN Jakarta
Priyayi, D.F. 2012. Pengaruh Penerapan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi 2(1) : 15-20
Rahmanelli, 2007. Efektivitas Diskusi Kartu Berpasangan Dalam Pembelajaran Geografi Regional. Pelangi Pendidikan, 2: 23-30.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada
Silberman, M. 2007. Active Learning (101 Strategi Pembelajaran Aktif). Yogyakarta: Pustaka Intan Madani
Warjianto, F. 2010. Metode Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Kartu Berpasangan Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Terhadap Materi Biologi SMP Kelas VII (Skripsi). [accessed 10 Desember 2013].
Yuliani, SW. 2010. Penerapan discovery learning materi jaringan tumbuhan terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bae Kudus. (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.