PENGEMBANGAN MEDIA “WOODY PUZZLE†UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN
Abstract
Abstract
_________________________________________________________________
The aim of the research was to develop, to test the validity and effectiveness, and analyze the application media in the form of woody puzzle. The design of this research was research and development (R&D). Woody puzzle media was validated by material and media experts. The effectiveness of product was tested using motivation, activity and student learning outcomes whereas the aplication was tested using teacher and students response. The result of the research showed that woody puzzle media was valid, effective and can be applicated. The application of woody puzzle media increased the motivation, activity, students learning outcomes and can be applicated.
Abstrak
___________________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kevalidan dan keefektifan serta menganalisis keterterapan media pembelajaran berbentuk “woody puzzleâ€. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Woody puzzle divalidasi oleh validator materi dan media. Keefektifan ditentukan berdasarkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa sedangkan keterterapan ditentukan berdasarkan respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media woody puzzle yang dikembangkan sangat valid, efektif dan dapat diterapkan. Penerapan media woody puzzle dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media woody puzzle layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 2 Kendal kelas XI.
Â
References
[BSNP] Badan Standar Nasional Pendidikan.2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Chaiyunah. 2006. Hubungan Antara Pemanfaatan Media Puzzle Dengan Kreatifitas Berpikir Anak TK Kelas B Ngrowo 1 Bangsal Mojokerso. (Skripsi). Surabaya: Unesa
Hasruddin.2009. Peran Multimedia Dalam Pembelajaran Biologi.J. Tabularasa PPS UNIMED 6 (2): 1-12
Ibrahim M. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press
Julianto T. 2008. Peningkatan Kualitas Pembelajaran : Antara Profesionalitas Guru, Media Pembelajaran dan Kualitas Pembelajaran. J. Ilmiah Kependidikan 1 (1): 32-33
Mappeasse YM. 2009. Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (Plc) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar.J. Medtek 1(2)
Wahyuni N & Maureen, YI. 2010. Pemanfaatan Media Puzzle Metamorfosis dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Sawunggaling I/382 Surabaya. J. Teknologi Pendidikan 10 (2): 77-78
Yudhi M. 2012. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru.Jakarta: Gaung Persada Press
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.