PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN DI SMP
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran kontekstual model Numbered Heads Together (NHT) materi bahan kimia dalam kehidupan terhadap di SMP Negeri 1 Ungaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 kelas yang berjumlah 280 siswa. Sampel penelitian diambil dengan metode purposif sampling (2 kelas yang diajar oleh guru yang sama), Â yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual dengan model Numbered Heads Together(NHT) pada materi bahan kimia dalam kehidupan, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (posttest). Nilaiposttest kelas eksperimen dan kontrol dianalisis perbedaan rerata dengan menggunakan uji t, dilanjutkan uji n-gain untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa secara individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan pembelajarankontekstual model Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Abstract
___________________________________________________________________
This research aims to determine student learning outcomes cotextual learning with Numbered Heads Together model in the chemical material in life in junior high schoole 1 Ungaran. This researc is a quasi experimental design, the population is all students in grade 8 that consist of 8 class. Sample taken by purposif sampling (2 class that teach bay same teacher), there are VIII H as experiment class and VIII F as control. Independet variabel in this research is contextual learning with Numbered Heads Together (NHT) model in the chemical material in life, while the dependent variabel is the student learning outcomes. Experiment and control class posttest value then analize by t test to knows the diferences, continued by gain test to determined increased of student undertstanding individually. The result showed that the experimental class student learning outcomes is higher than control class
References
Davi, U.I. et al.2012. Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Aljabar bagi Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang. Skripsi. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.
Puspitasari, D.Y. 2010. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Kimia pada Konsep Sistem Koloid. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Slavin, R.E. 2009. Cooperative Learning Teori riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.
Endrawati. 2008. Pengaruh Kinerja Guru dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP. On line at http://mmfe. Unila.ac.id (diakses tanggal 20 januari 2015).
Wang, P. Applying Slavin’s Cooperative Learning Techniques to a College EFL Conversation Class. The Journal of Human Resource and Adult Learning. Vol. 5, Num. 1.
Sumiati. 2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Kelas IV MI Rahmah El-Yunusiyyah Padang Panjang. Jurnal Guru 3(2): 17-16.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.