PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TEMATIK INTEGRATIF MATERI LINGKUNGAN KELAS X SMA
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
LKS kelas X yang ada di SMAN 3 Pekalongan belum mampu mengoptimalkan potensi siswa dan lingkungan sekitar untuk proses pembelajaran sesuai dengan arahan kurikulum 2013. Penelitian pengembangan LKS tematik integratif materi lingkungan kelas X SMA ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan LKS yang ada di SMAN 3 Pekalongan, menilai kelayakan LKS tematik integratif yang dikembangkan, dan menguji efektivitas penggunaan LKS untuk pembelajaran.Instrumen penelitian terdiri atas validasi LKS dari 3 validator, keefektifan LKS untuk pembelajaran, serta lembar tanggapan guru dan siswa. Pengujian LKS dilakukan di kelas X Mipa 3 dan X Mipa 4 SMAN 3 Pekalongan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah sebanyak 62 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS tematik integratif materi lingkungan kelas X dinilai layak oleh validator dengan persentase rata-rata sebesar 83,75%. LKS juga efektif untuk digunakan pada pembelajaran biologi materi lingkungan yang diintegrasikan dengan mata pelajaran kimia, geografi dan ekonomi sesuai dengan tema-tema yang ada. Guru dan siswa memberikan tanggapan sangat memuaskan atas penggunaan LKS tematik integratif dalam proses pembelajaran tematik.Simpulan penelitian menyatakan bahwa LKS tematik integratif materi lingkungan kelas X SMA layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran.
.
Abstract
___________________________________________________________________
The student worksheet class X in State Senior High School 3 Pekalongan not be able optimal yet the student potential and around environment to learning process accordance with 2013 curriculum direction. Development research of integrated thematic student worksheet in environmental material at class X Senior High School is intended to describe the use of student worksheetin State Senior High School 3 Pekalongan, assess the feasibility of an integrated thematic worksheet that is developed, and test the effectiveness of worksheets for learning. The instruments are consisted of a student worksheet validation from 3 validators, student worksheet effectiveness for learning, sheet of teacher and students’s response. Student worksheet testing in class X Mipa 3 and X Mipa 4 in the second semester of the academic year 2013/2014 with a total of 62 students. The results of this research showedthat integrated thematic student worksheet in enviromental material class X is considered feasible by the validator with an average percentage of 83.75 %. Student worksheet is also effective for learning of biological material that integrates with chemistry, geography and economics in accordance with the existing themes. Teacher and students gave a very satisfactory response on the use of integrated thematic student worksheet in the thematic learning process. The research conclusion show that integrated thematic student worksheet in enviromental material for class X Senior High School is suitable and effective in learning.
References
Asmani JM. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Chatterji, M. 2003. Designing and using tools for educational assessment. Boston: Allyn and Bacon.
Darmodjo, H & Kaligis, JRE. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.
Daryanto. 2013. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya
_______. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
DebBurman SK. 2002.Learning How Scientists Work: Experiential Research Projects to Promote Cell Biology Learning and Scientific Process Skills. Journal of Research in Science Teaching1 (4):154-172.
Depdiknas. 2011. Pedoman Pembuatan Alat Peraga Biologi Sederhana untuk SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Depdiknas.
Fatma A & Ernawati S. 2012. Pendekatan Perilaku Kognitif dalam PelatihanKeterampilan Mengelola Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Talenta Psikologi 1 (1): 39-65.
Hartanto N &Issirep S. 2004. Biologi Dasar. Jakarta: Penebar Swadaya.
Iru L & Ode L. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Kurinasih I & Sani B. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Liliawati W, Rustaman NY, Herdiwijaya D, Rusdiana D. 2013. Efektivitas Perkuliahan IPBA TerintegrasiBerbasis Kecerdasan Majemukuntuk Meningkatkan Penguasaan Konsep danMenanamkan Karakter Diri Mahasiswa Calon Guru SMP pada Tema Tata Surya. Indonesian Journal of Applied Physics (2013) 3 (1):63.
Liu MC & Wang JY. 2010. Investigating Knowledge Investigation in Web-based Thematic Learning Using Concept Mapping Assesment. Educational Technology & Society 13 (2):25-39.
Mulyasa HE. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noviyanti A & Walil K. 2013. Pembelajaran Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hubungannya dengan Aktivitas Manusia Berwawasan Moralitas Islami pada SMP Negeri 19 Banda Aceh. Jurnal Serambi Edukasi 1(1): 1-4.
Rarasandy L, Indriyanti DR, Santosa K. 2013. Pembelajaran Biologi Mengarah Pada Penanaman Karakter Peduli Lingkungan pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Lembaran Ilmu Kependidikan 42 (2): 129-136.
Saptono S. 2009. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sulaiman, Sujadi I, & Riyadi. 2014. Proses Integrasi Sikap dalam PembelajaranMatematika Smp Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus pada Proses Pembelajaran Kelas Vii SMP Al AzharSyifa Budi Solo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2 (2):131-140.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: K
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.