PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI PROTISTA
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA N 1 Rembang. Penelitian quasi experimental ini menggunakan desain pretes postes nonequivalent control group. Sampel yang digunakan adalah X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Hasil uji-t post-test diperoleh thitung sebesar 10,12 t tabel = 1,67, sehingga Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji-t N-Gain yang menggunakan taraf ketidakpastian 5% dan dk= 59 diperoleh harga t tabel = 1,67 sedangkan harga t hitung = 3,55. Harga t hitung > t tabel , sehingga Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa peningkatan rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Penerapan model PBL berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis Siswa SMA pada materi protista.
Â
Abstract
___________________________________________________________________
This research aimed to determine the effect of problem based learning on student’s critical thinking skills from class X SMA N 1 Rembang. The research method was Quasi experimental with Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. The samples were taken by technique cluster random sampling and obtained X MIA 5 as class experiment and X MIA 6 as class control. The analysis of post-test and n-gain t-test results the critical thinking skills of class experiment were better than class control. The result of pot-test t-test obtained t-calculated = 10.12 and t-table = 1.67, concluded that critical thinking skills of class experiment is greater than class control. The result of n-gain t-test obtained t-table = 1.67, whereas t-calculated = 3.55. The value of t-calculated > t-table, and can be concluded as the enhancement of critical thinking skills of class experiment was greater than class control. The implementation of PBL gave positive effect on senior high school student’s critical thinking skills.
References
A. M, Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anderson, J.C. 2007. Effect of Problem Based Learning on Knowledge Acquisition, Knowledge Retention and Critical Thinking Ability of Agricultural Students in Urban Schools. Disertasi.University of Missouri: Ph.D.
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach (Buku dua Edisi Ketujuh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Belland, B. R., Krista D. G., and Peggy A. E. 2009. Inclusion and Problem-Based Learning: Roles of Students in a Mixed-Ability Group. Rmle (Research in Middles Level Education) Online-Volume 32, No.9
Kartika, M. D. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4 Tahun 2014. Diakses di pasca.undiksha.ac.id/e-journal pada 24 April pukul 13:40
Kemdikbud. 2011. Survey Internasional TIMSS. Diakses di litbang.kemdikbud.go.id pada 2 November 2014 pukul 8.15
Kemdikbud.2013a. Permendikbud No. 69 tahun 2013 tentang Kurikulum SMA/MA. Jakarta: Kemdikbud
Kemdikbud. 2013b. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kemdikbud
Marnita,& Aisyah. 2013. Penerapan model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAS Syamsudduha Cot Murong pada Konsep Gerak Melingkar. Majalah Ilmiah Unimus Volume 4 Nomor 12
Masek, A. 2012. The Effecs of Problem Based Learning on Knowledge Acquisition, Critical Thinking, and Intrinsic Motivation of Electrical Engineering Students. Thesis.Universiti Tun Hussein Onn Malaysia
Muspita, Z., I. W. Lasmawan., Sariaya. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Aikmel. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013).
O’hare, L. & Carol M. G. 2009.Measuring Critical Thinking, Intelligence, and Academic Performance in Psychology Undergraduates.The Irish Journal of Psychology Vol. 30 No. 3-4 pp. 123-131
Pritasari, A. D. C. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Yogyakarta Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI).Skripsi.Jurusan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Tidak Diterbitkan
Purwaningsih, I. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Ngadirojo Kabupaten Pacitan.Skripsi.Diakses di www.library.um.ac.id pada 23 Januari 2014 pukul 08:29
Purwanto, C. E., Sunyoto E. N., & Wiyanto. 2012. Penerapan model pembelajaran Guided Discovery pada materi pemantulan cahaya untuk meningkatkan berpikir kritis. Unnes Physics Education Journal (1)(2012)
Redhana, I. W..2013. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Pemecahan Masalah.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No.3 Th. XXXVI Juli 2013 ISSN 0215-8250
Ristiasari, T. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.Unnes Journal of Biology Education 1(3)(2012)
Rustaman, N. Y. 2000. Konstruktivisme dan pembelajaran IPA/Biologi.Makalah disampaikan pada seminar guru-guru IPA SLTP Sekolah swasta di Bandung.
Sarwi & Liliasari.2010. Penumbuhkembangan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika Melalui Penerapan Strategi Kooperatif dan Pemecahan Masalah Pada Konsep Gelombang.Forum Kependidikan Volume 30 Nomor 1 Juni 2010.
Shen, M. M. 2007. Pembelajaran Penemuan Terbimbing IPA di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Kemandirian Siswa.Tesis.Universitas Sebelas Maret
Wulandari, E., H. Setyo B., Kartika C. S. 2011. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Artikel Ilmiah.diakses di download.portalgaruda.org pada 19 Februari 2015
Yudiantari, S. W. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 20 Malang.Skripsi.Diakses di www.library.um.ac.id pada 24 Januari 2014 pukul 10:05
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.