EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Bambang Riyono Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 1 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Indonesia
  • Amin Retnoningsih Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 1 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Indonesia
Keywords: models picture and picture, inquiry, motivation, learning outcomes,

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________________________

Hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa menurun di akhir semester. Selain itu, tidak semua hasil belajar biologi mencapai kriteria ketuntasan minimal sekolah. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas model pembelajaran picture and picture dengan strategi inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi protista. Metode yang digunakan pre-experimental dengan one shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Matematika dan Ilmu Alam (MIA) SMAN 1 Kutowinangun. Sampel penelitian ditentukan dengan insidental sampling berdasarkan pertimbangan kelas diajar guru yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kriteria sedang, tinggi dan sangat tinggi. Hasil belajar afektif menunjukkan peningkatan 4 sikap yang berada pada kriteria baik dan sangat baik. Hasil belajar psikomotorik menunjukkan 3 aspek yang dinilai pada kriteria baik dan sangat baik. Hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa 77,8% siswa tuntas KKM. Dalam hal ini, nilai LDS lebih dominan menentukan nilai akhir dibandingkan nilai posttest. Hasil analisis tanggapan menujukkan siswa dan guru memberikan tanggapan yang baik dan tertarik terhadap penerapan model picture and picture dengan strategi inkuiri. Penerapan model pembelajaran picture and picture dengan strategi inkuiri efektif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi protista.

 

Abstract

___________________________________________________________________

Observations show that the students' motivation to decline at the end of the semester. Moreover, not all of learning outcomes in biology achieve minimum score. This study aims to test the effectiveness of the learning model "picture and picture" with the strategy of inquiry on motivation and learning outcomes of students in the protists material. The method used pre-experimental with one shot case study. The study population was all students of class X Matematika dan Ilmu Alam SMAN 1 Kutowinangun. The research sample was determined by incidental sampling based on the consideration that the classes taught by the same teacher. The results showed that students' motivation on medium, high and very high criteria. Affective learning outcomes showed an increase in four attitude in the good and very good criteria. Psychomotor learning outcomes showed three aspects are assessed on the good and very good criteria. Cognitive learning results showed that 77,8% of students completed the KKM. In this case, LDS score is more dominant to determine the final score than posttest score. The results of the responses analysis showed that the students and teachers have responded well and interested in the application of the model picture and picture with the strategy of inquiry. Application of learning models picture and picture with an effective inquiry strategies to motivation and student learning outcomes in protists material..

References

Afidah I.N. 2012. Pengaruh penerapan Metode Socratic Circles disertai media gambar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Biologi 4 (3):1-15

Andartari, S Susanti, & V Andriani. 2013. Pengaruh Kemampuan Intelektual (IQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi pada SMA Labschool Rawamangun. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 1 (1):1-24

Anggraini D. 2013. Penggunaan Metode Pembelajaran Bergambar (Picture and Picture) Berbantuan Media Herbarium dan Metode Ceramah pada Materi Pteridophyta terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Karanganyar Demak. Skripsi. Semarang: IKIP PGRI

Ariani N.L. 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X2 SMA Negeri 9 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang

Daud F. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 19 (2): 243-255

Djumadi. 2012. Penyusunan Media Pembelajaran IPA Mata Pelajaran Biologi Dengan Materi Virus Di SMPN 2 Banyudono Boyolali. Skripsi. Surakarta: FKIP UMS

Fauzi R. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII D SMPN 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi,3 (3): 72-78

Huda M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Istifarini R. 2012. Pembelajaran Materi Virus Menggunakan Media Kartu Bergambar di SMA Negeri 2 Wonosobo. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Julianto T. 2008. Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Antara Profesionalitas Guru, Media Pembelajaran dan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmu Kependidikan, 1 (1):32-38

Lu C, Y Chen, & C Chen. 2011. A Corrrelative Study of CD-ROM Picture Books in Classrooms and School Children’s Formation of Decriptive Concepts. International Journal of Science and Mathematics Education, 9: 47-67

Majid A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Natalina M. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif picture and picture untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Ukui Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Riau: Universitas Riau

Nuriah A. 2013. Efektivitas Kombinasi Pembelajaran Kooperatif Time Token dengan Picture Puzzle pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMP N 2 Gabus Kabupaten Pati. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Pujadi A. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia. Business and Management Journal Bunda Mulia,3 (2)

Rahayu N.P. 2012. Pengaruh Strategi Inkuiri terbimbing terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keterampilan Observasi Siswa Kelas X SMA N Kebakramat. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta

Rubiyo. 2011. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Sub Kompetensi Perbaikan Sistem Kopling Di SMK Ma’arif 1 Nanggulan. Skripsi. Yogyakarta: UGM

Rusmaryanti D. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) pada Siswa Kelas VIIIA MTs Al Huda 2 Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan 22 (3): 285-308

Sardiman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Setiawati I.P. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Teams Games Tournament Dipadu Metode Brainstorming terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang

Soekidjo N. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Asdi Mahasatya

Sukarsih R.I. 2010. Perbedaan Pengaruh Antara Pembelajaran Inkuiri dan Pembelajaran Ekspositori terhadap Motivasi dan Presatasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Patologi. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Suryabrata S. 2006. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo

Tarmidi. 2006. Iklim Kelas dan Prestasi Belajar. Medan: FK Universitas Sumatera Utara

Winahyu. 2007. Perkembangan Sains: Suatu Telaah Atas Pendekatan Paradigma Baru. Jurnal Ilmu Hukum, 10: 68-86

Wulandari R. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Kegiatan Laboratorium terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Peserta Didik SMP. Tesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Published
2015-08-01
Section
Articles