PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________________________
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah peserta didik mendapatkan pengalaman baru dalam hal belajar yang membuatnya aktif dan bekerjasama baik dengan kelompoknya serta meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran biologi. Posttest-Only Control Design. Subyek yang diteliti yaitu peserta didik dengan variabel penelitian model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi sikap, keterampilan, kinerja guru, soal evaluasi akhir, lembar angket tanggapan peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pengetahuan kelas eksperimen 3,09 sedangkan kelas kontrol 2,91. Berdasarkan hasil uji t pada hasil belajar pengetahuan kedua kelas diperoleh lower bernilai positif dan upper bernilai positif atau Sig. (2-tailed) = 0,010 <É‘ = 0,05 maka Ho ditolak atau H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar (aspek pengetahuan) yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Â
Abstract
___________________________________________________________________
The problem in this research is how the influence of cooperative learning model Snowball Throwing the learning outcomes of students in the material excretory system. The purpose of this study was to determine the influence of the type of cooperative learning model Snowball Throwing the learning outcomes of students in the material excretory system. The benefits to be gained from this research is the students gain new experience in terms of learning which make it active and engaged with the group as well as improving learning outcomes in learning biology. The methodology used in the study of the model Posttest-Only Control Design. The object under study is learners with learning model cooperative research variables of type Snowball Throwing for the experimental class. The research instrument used is the observation sheet attitudes, skills, teacher performance, evaluation test, sheet questionnaire responses of learners and teachers. The results showed that the experimental class knowledge learning outcomes 3.09 and 2.91 while the control class. Based on the results of the t test on the learning outcomes of both classroom knowledge obtained lower and upper positive value is positive or Sig. (2-tailed) = 0,010 <É‘ = 0.05 then Ho is rejected or accepted H1, so the conclusion is that there are differences in learning outcomes (knowledge aspects) significant between the experimental class and the control class
References
Akhiriyah, D. Y. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar. 2(1): 206-219.
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husna, R. 2010. Pengaruh Model Cooperatif Learning tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Matematika Siawa. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Knutsson, H., Thomasson A., & Nilsson, C.H. 2010. Reality-Based Learning: How to get Business Students Down to Bussiness. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 22 (3):277-286.
Marjan, J. 2014. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil belajar Biologi dan Keterampilan proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. 1 (4): 1-12.
Martini. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Jatikuwung Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muplihun, N. Dantes., & W. Lasmawan. 2013. E-Journal Program Pascasarjana Univeritas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Pengaruh Penerapan Metode Diskusi dan Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Selog. 1 (3): 1-7.
Purbowo, G.A., Mashuri, & Putriaji, H. 2012. Keefektifan Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lembar Kegiatan Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education. 1 (1):20-25.
Rustaman, N.Y., Dirdjosoemarto S., Ahmad Y., Suroso A., Yudianto,
Rochintaniawati D., Nurjhani M., & Subekti R. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: UPI & JICA IMSTEP.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningsih, A.T., Achmad, A., & Ruja I. N. 2013. Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pedosfer Siswa Kelas X SMAN 1 Pule Kabupaten Trenggalek. Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.