PENGEMBANGAN MODUL SISTEM EKSKRESI BERBASIS INQUIRY

  • - Suprapti Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • R. Susanti Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Excretion System Module, inquiry

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan efektivitas modul sistem ekskresi berbasis inquiry, serta mengetahui karakter siswa SMA N 1 Tengaran. Penelitian menggunakan rancangan Pre Experimental Design dengan tipe One Shot Case Study. Sampel penelitian terdiri atas 2 kelas XI MIPA yang ditentukan secara purpossive sampling. Hasil validasi akhir modul mencapai 96,54 % dalam kriteria sangat layak. Modul dinilai efektif karena hasil belajar siswa mencapai 88,34 % tuntas di atas KKM 75 dan aktivitas siswa mencapai 88,34 % masuk kriteria sangat aktif atau di atas standar yang ditetapkan yaitu 80 % siswa mencapai skor minimal dalam kriteriai aktif. Modul dapat diterapkan dalam pembelajaran karena hasil tanggapan siswa dan guru berturut-turut mencapai 96,48 % dan 87,5 % termasuk dalam kriteria sangat baik. Karakter siswa SMA N 1 Tengaran mencapai 88,34% dalam kriteria sangat baik atau di atas standar yang ditetapkan yaitu 85 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul sistem ekskresi berbasis inquiry layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi Sistem Ekskresi di SMA sekaligus dapat mengetahui karakter siswa.

 

This research aimed to test the feasibility and effectiveness of Excretion System Module Based Inquiry at senior high school 1 Tengaran, and know the character of the students. Pre Experimental Design-One Shot Case Study was used in this research. The research sample consisted of two classes XI MIPA determined purposive sampling. Results of the final validation of the module reached to 96.54% in very decent criteria. The module is considered effective because student learning outcomes reached 88.34% completed over 75 KKM and student activity reached 88.34% qualify as highly active. Modules can be applied in learning as a result of student feedback and teacher respectively reached 96.48% and 87.5% included in the criteria very good. The character of the student reached 88.34% in the criteria very well. The conclusion of this research is Excretion System Module Based Inquiry feasible and effectively applied in learning materials of Excretion System and also to know the character of the students.

References

Anonim. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Depdiknas.

Gulikers J, T Bastiaens & P Kirschner. 2005. Perceptions of authentic assessment and the impact on student learning. Makalah disampaikan pada The First International Conference on Enhancing Teaching and Learning Through Assessment. Hong Kong Polytechnic University. Hong Kong June 2005.

Kusuma D. 2011. Pendidikan Karakter. Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Pratiwi TR, Sarwi, & SE Nugroho. 2013. Implemen¬tasi Eksperimen Open Inquiry untuk Mening¬katkan Pemahaman Konsep dan Mengembang¬kan Nilai Karakter Mahasiswa. Unnes Physics Education Journal, 2 (1): 62-67.

Purnomo D.2012. Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran di Sungai Pepe Surakarta sebagai Sumber Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sankey MD, D Birch & MW Gardiner. 2011. The Impact of Multiple Representations of Content Using Multimedia on Learning Outcomes Across Learning Styles and Modal Preferences. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology(IJEDICT) 7 (3):18-35.

Santyasa IW. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA dan SMKdi Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Bali, 12-14 Januari 2009.

Stewart JL &VL Wilkerson. 1999. Chemconnections A Guide to Teaching with Modules. Online at http://chemlinks.beloit.edu/guide/superim.pdf. [Accessed 09 April 2015].

Sudjana. 2007. Kelebihan dan Kekurangan buku dan Cerita Bergambar diakses di http://dompetdsak.webnode.com/news pada tanggal 26 januari 2015.

Published
2015-12-01
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)