PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY LEARNING PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Guided Inquiry Learning (GIL) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pengelolaan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental. Rancangan penelitian ini menggunakan pola Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Ungaran, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII F (kelas eksperimen) dan kelas VII G (kelas kontrol). Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Nilai sikap siswa kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas control, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai keterampilan praktikum. Skor aktivitas siswa kelas eksperimen berada pada kriteria aktif dan sangat aktif. Siswa memberikan tanggapan kategori baik sebesar 35,28% dan kategori sangat baik sebesar 58,82% pada model pembelajaran TPS dengan pendekatan GIL. Tingkat keterlaksanaan model TPS dengan pendekatan GIL dalam kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model TPS dengan pendekatan GIL dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 2 Ungaran. Oleh karena itu, model TPS dengan pendekatan GIL dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa
Â
The aim of this study was to analyze the effect of Think Pair Share model with Guided Inquiry Learning approach on learning outcomes and student activity on the matter of environmental management. This study was Quasi Experimental Design. The design of this study was use a pattern of Nonequivalent Control Group Design. The population in this study is all VII grade class in SMP Negeri 2 Ungaran, while the sample in this study was to VII F (as experimental class) and VII G (as control class). Samples were taken by convenience sampling technique. The result showed that the experimental class learning outcomes better than the control class. The value of the experimental class students’ attitudes differs significantly from the control class, but there was no significant difference in the value of practical skills. Activity score of the experimental class students are in active and very active criteria. Students respond well category of 35.28% and a very good category of 58.82% in the learning TPS model with GIL approach. The adherence level of TPS model with GIL approach both categories. Based on this results, it concluded that the TPS model with GIL approach can affect to the student learning outcomes and student activity on the matter of environmental management. Therefore, the TPS model with GIL approach can be used to improve learning outcomes and student activity.
References
Aziz, A., Yulianti, D & Handayani, L. 2006. Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan alat peraga sains fisika (materi tata surya) untuk meningkatkan hasil belajar dan kerjasama siswa. Jurnal Pend. Fisika Indonesia, 4(2):94-99.
Bamiro, A.S. 2015. Effect of guided discovery and Think Pair Share strategies on secondary school students achievement in chemistry. Sage Article.
Handoyo, B. 2010. Pengembangan model pembelajaran geografi untuk penguatan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Nilai: Kajian Teori, Praktik, dan Pengajarannya, 17(1): 39-40.
Ho, F.F. & Boo, H.K. 2007. Cooperative learning: exploring its effectiveness in the physics classroom. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching Article, 8(2).
Jannah, R., Saputro & Yamtinah, S. 2013. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) disertai buku saku untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia pada materi minyak bumi kelas X SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4):19-23.
Khanafiyah, S & Yulianti, D. Model problem based instruction pada perkuliahan fisika lingkungan untuk mengembangkan sikap kepedulian lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1):35-42.
Kuhlthau, C.C. 2010. Guided inquiry: school libraries in the 21st century. School Libraries Worldwide, 16(1): 17-26.
Ni’mah, D. & Dwijanti, P. 2014. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VII Mts Nahdatul Muslimin Kudus. Unnes Physics Education Journal, 3(2): 18-25.
Nurnawati, E., Yulianti, D. & Susanto, H. 2012. Peningkatan kerjasama siswa smp melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1(1): 1-7.
Rahayu, A. & Pramukantoro, J.A. 2013. Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan strategi index card match terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika di SMK Negeri 1 madiun. Jurnal Pendidikan teknik Elektro, 2(3):991-999.
Septriana, N. & Handoyo, B. 2006. Penerapan Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan prestasi belajar geografi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(1):47-50.
Siahaan, P. & Suyana, I. 2010. Hakekat sains dan pembelajaran sains. Disampaikan dalam pelatihan guru MIPA Papua Barat Tahun 2010. Pendidikan Fisika FMIPA UPI Bandung.
Suhardiyanto, A. 2010. Peningkatan kualitas pendidikan melalui model pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1):68-77.
Sunarto, W., Sumarni, W. & Suci, E. 2008. Hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran metode Think Pair Share dan metode ekspositori. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1): 244-249.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Winayah, I.R., Sudarti & Nuriman. 2013. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum dalam pembelajaran ipa fisika kelas VIII B SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Fisika.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.