PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS GUIDED DISCOVERY MATERI ANIMALIA TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Virginia Ainin Kautsar Adiatmah Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Retno Sri Iswari Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Endah Peniati Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: STAD, LKPD, Guided Discover, Learning Outcome, , Activities

Abstract

Ketuntasan nilai UTS kelas X MIPA di SMA N 1 Godong hanya mencapai 50%. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Discovery diharapkan mampu untuk mengatasi permasalahan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Hal ini dikarenakan materi biologi lebih mudah dipahami, peserta didik dapat terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran dan berpartisipasi aktif dalam menemukan konsep materi yang dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental menggunakan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Data yang diambil berupa hasil belajar peserta didik, aktivitas peserta didik dan data pendukung kinerja guru, tanggapan peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu untuk hasil belajar pengetahuan kelas eksperimen 3,13 sedangkan kelas kontrol 2,83. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney pada hasil belajar pengetahuan kedua kelas diperoleh Sig. (2-tailed) = 0,000 < α=0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD Menggunakan LKPD Berbasis Guided Discovery dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA N 1 Godong Grobogan

 

Midterm test completeness score of the X graders students of Science in SMA N 1 Godong is only about 50%. Aplication of learning model Student Teams Achievement Divisions (STAD) using students’ worksheet Guided Discovery based is supposed to overcome the student low study result. It’s because of the students will easier learn biology, they can be directly involved in the learning process and participate actively to find the material concept they are going to learn. This research is Quasi Experimental using posttest-Only control design. The taken data is in the form of the students’ study result, students’ activity, and supporting data teachers’ performance. The result shows that there are differences the study result between experimental and control group. For the study result in experimental group is 3,13 while in control group is 2,83. Based on the Mann Whitney experiment in the twelfth knowledge study result, it showed Sig. (2-tailed) = 0,000 < α=0,05, so the differences occured. Regarding to that, it can be concluded that the cooperative learning model STAD using students’ worksheet can improve students study result in SMA N 1 Godong Grobogan

References

Aziz, A., Yulianti, D & Handayani, L. 2006. Penerapan Adnyani, N. M. S., Natajaya. I. N., & Sunu. A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Bealajar Bahasa Indonesia Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Administrasi Pendidikan. 5(1): 1-10.

Ahriani, F. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Bantaeng. Jurnal Chemica, 14(1): 1– 9.

Devi, F. S. 2014. Penerapan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Praktikum Insekta untuk Melatihkan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas X Di SMAN 1 Pamekasan. Jurnal Pendidikan Biologi. 3(3): 610-615.

Estuningsih, S., Susantini, E., & Isnawati. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Pada Materi Substansi Genetika. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1): 27-30.

Ghozali, I., Susantini, E., & Lisdiana, L. 2014. Validitas Lembar Kegiatan Peserta didik (LKPD) Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Pada Materi Virus Untuk Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3): 445-448.

Hariati, R.B., Haryono, T., & Ambarwati, R. 2013. Pengembangan LKPD Praktikum Insekta Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1):23-26.

Jannah, L.H. 2009. Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi pada konsep invertebrata di kelas X SMA Walisongo Semarang Tahun pelajaran 2008/2009. Skripsi. Semarang: FMIPA IKIP PGRI Semarang.

Rusmansyah. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Vidya Karya, (1): 1-10.

Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudarsa, I Made, I Wayan, K., & I Nyoman, T. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan LKPD Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan IPA, 3: 1-13.

Sunilawati, N.M., Nyoman D., & I Made C. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Peserta didik Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1): 1-9

Published
2015-12-01
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)